Jumat, 24 September 2010 15:40 WIB Solo Share :

Mahasiswa UNS ajak cintai produk lokal

Solo (Espos)–Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar aksi damai di Bunderan Gladak guna memperingati Hari Tani Nasional yang jatuh pada Jumat (24/9).

Dalam aksi damai tersebut, mahasiswa mengajak warga lebih mencintai produk pertanian lokal seperti jagung, kedelai dan ketela guna mendongkrak kesejahteraan petani. Pantaun Espos di lokasi, puluhan mahasiswa itu membentangkan sejumlah poster yang bertuliskan ajakan mencintai produk lokal seperti Mari kembali sarapan singkong, Jangan ganti singkong dengan roti, Sarapan nasi jagung juga enak, dan lain-lain.

Sembari berorasi menyuarakan ajakan mereka, sebagian mahasiswa juga membagikan makanan singkong rebus kepada para pengguna jalan yang kebetulan melintas di lokasi.  Di penghujung aksi, mahasiswa menampilkan teatrikal yang menggambarkan ketertindasan petani Indonesia akibat seringnya pemerintah mengambil kebijakan impor beras.

“Kita mengenal Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam khususnya pertanian hingga disebut sebagai Negara Agraris. Akan tetapi, para petani Indonesia belum merasakan buah hasil dari jerih payah mereka selama bercocok tanam,” papar Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, Afif Turindra dalam orasinya.

Ditemui di lokasi yang sama, Presidium Nasional I Ikatan BEM Pertanian Indonesia (IBEMPI) mengatakan, selain di Bunderan Gladak, aksi serupa juga dilakukan mahasiswa dari Fakultas Pertanian di sejumlah kampus seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Riau (Unri), dan lain-lain.

mkd

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…