Jumat, 24 September 2010 14:44 WIB News Share :

Calon Panglima TNI, Agus lolos uji kelayakan DPRD

Jakarta–Laksamana Agus Suhartono seperti bakal mulus menjadi Panglima TNI. Hal ini karena fraksi-fraksi di Komisi I DPR sepakat dan meloloskan calon Panglima TNI,  Laksamana TNI Agus Suhartono, setelah dilakukan uji kepatutan dan kelayakan.

“Dari hasil uji kepatutan dan kelayakan, Agus Suhartono sudah tidak ada masalah lagi dan dinyatakan lolos oleh Komisi I DPR RI,” kata Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (24/9).

Namun, menurut dia, Komisi I DPR akan menyerahkan hasil uji kepatutan dan kelayakan itu kepada Sidang Paripurna DPR yang akan dilakukan pekan depan (Senin, 27/9), untuk diambil keputusan paripurna penetapan Agus Suhartono sebagai Panglima TNI.

“Sesuai dengan tata tertib DPR, Komisi I akan menyerahkan hasilnya ke sidang paripurna DPR untuk diputuskan. Pandangan rapat internal Komisi I akan menjadi pertimbangan seluruh anggota DPR dalam paripurna tersebut. ‘So far so good’,” papar Mahfudz.

Mahfudz menyatakan, tidak ada persoalan serius yang mengemuka dalam seleksi calon Panglima TNI. Hanya saja, Komisi I meminta supaya Panglima TNI baru bisa menuntaskan masalah lama, agar bisa berkonsentrasi dalam reformasi TNI.

“Ini harus menjadi komitmen bersama,” ujar politisi dari Partai Keadilan Sejahtera itu menegaskan.

Saat uji kepatutan dan kelayakan, Laksamana TNI Agus Suhartono banyak mendapat pertanyaan seputar reformasi TNI, alat utama sistem persenjataan (alutsista), bisnis TNI, netralitas TNI, “Minimum Essential Force” (MEF), penegakan disiplin, peningkatan kesejahteraan, rumah dinas, hingga masalah aktual lainnya.

ant/rif

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…