News
Jumat, 24 September 2010 - 11:15 WIB

Anggaran baju Presiden SBY Rp 42 M

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menyebut anggaran pakaian dan furniture Presiden mencapai Rp 42 miliar. Hal itu tak sesuai kampanye SBY yang mengajarkan masyarakat hidup hemat dan sederhana.

“Rakyat diserukan untuk hidup hemat sementara presidennya sendiri tidak hidup hemat dan sederhana. Bagaimana ini?” ujar peneliti Hukum dan Politik Anggaran Indonesia Budget Center (IBC), Roy Salam, Jumat (24/9).

Advertisement

Meski sebagai simbol kepala negara, anggaran untuk SBY dinilai terlalu besar. Anggaran tersebut juga menunjukkan presiden ingin memperkaya dirinya sendiri.

“Cara pandang salah jika sebagai simbol negara Presiden harus diberi anggaran sebegitu banyak. Harusnya kalau presiden makmur, masyarakat juga dong. Tapi ini kan nggak,” kata Roy.

Anggaran dengan nilai fantastis tersebut menurut Roy juga tak sesuai kondisi ekonomi bangsa yang sedang memprihatinkan. “Terbukti sekali pemimpin kita sensitifitasnya masih sangat rendah,” imbuh Roy.

Advertisement

Roy berharap seluruh pejabat pemerintah tak menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan rakyat. Jika memang ada anggaran memfasilitasi para pejabat tersebut, sebaiknya mereka menggunakan anggaran pribadi bukan milik negara.

“60 Persen anggaran kita itu untuk kepentingan birokrasi. Maka itu saya harap baik presiden maupun pejabat negara lain lebih efisien dalam hal budgeting. Ketika substansi anggaran tak bersinggungan dengan negara, sebaiknya semua pejabat menggunakan uang sendiri, seperti baju dan furniture. Jangan karena mereka pejabat semua menjadi beban rakyat,” jelasnya.

dtc/try

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Anggaran Baju Presiden
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif