Jumat, 24 September 2010 13:17 WIB Solo Share :

“Pasar Ayu berkarakteristik Jawa Solo”

Solo (Espos)–Pembongkaran fisik Pasar Ayu Solo mulai dilaksanakan Pemkot setempat, Jumat (24/9). Rencananya, bangunan pasar yang berlokasi di sebelah timur Stasiun Solo Balapan itu akan menggunakan konsep karakteristik khas Jawa Solo.

“Proses pembangunan Pasar Ayu sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak bulan Januari lalu yang antara lain meliputi persiapan teknis dan nonteknis, mulai dari penyusunan konsep pasar, gambar desain hingga proses lelangnya. Saat ini sudah tahap pemindahan dan pembongkaran bangunan fisiknya, sehingga Senin (27/9) besok diharapkan sudah mulai membuat konstruksinya,” ujar Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Solo, Subagiyo, ketika ditemui wartawan di Balaikota Solo, Jumat.

Disebutkan Subagiyo, tahap pertama pembangunan Pasar Ayu tersebut didanai anggaran senilai Rp 2,7 miliar dan ditarget rampung akhir Desember 2010 ini. Konsep Pasar Ayu ke depan akan lebih dititikberatkan pada bentuk pasar transit dengan konsep bangunan berkarakteristik khas Jawa Solo. “Secara fisiknya akan dibuat seperti Pasar Windujenar, salah satunya akan ada kanopi-kanopi, semacam itu,” terangnya.

Rencananya, pasar akan dibangun dua lantai agar dapat dimanfaatkan pedagang untuk menjual berbagai produk unggulan khas Solo antara lain kuliner atau penjualan souvenir. Subagiyo menyebutkan pihaknya mencatat ada 43 pedagang yang berjualan di Pasar Ayu. Bila pembangunan Pasar Ayu selesai, pihaknya berencana memasukkan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang mangkal di sekitar stasiun ke dalam pasar setempat. Sehingga dimungkinkan ada penambahan jumlah kios di Pasar Ayu nantinya.

sry

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…