News
Kamis, 23 September 2010 - 16:23 WIB

Presiden harus patuhi putusan MK

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Presiden SBY diminta untuk tunduk pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Jaksa Agung. Langkah itu perlu dilakukan agar tercipta tertib hukum. Jangan sampai putusan MK diabaikan.

“Presiden seakan-akan mengabaikan putusan MK, itu tidak benar. Ini bisa menjadi anarki hukum, MK adalah putusan tertinggi yang sudah dibuat, suka atau tidak suka itu harus dipatuhi,” kata Ketua Badan Pengurus Masyarakat Tranparansi Indonesia (MTI) Dr Hamid Chalid saat dihubungi detikcom, Kamis (23/9).

Advertisement

Dia menjelaskan, putusan MK tersebut semestinya disambut positif, karena ini mengembalikan ketatanegaraan menjadi normal. Kepemimpinan SBY dinilai telah melakukan kelalaian administrasi yang fatal, yang seharusnya tidak terjadi.

“MK justru mengembalikannya ke dalam track, di samping tentu saja MK menghilangkan perbedaan-perbedaan persepsi dalam UU. Jadi jelas, kalau seorang Jaksa Agung berakhir ketika masa jabatan presiden berakhir,” jelasnya.

Karena alasan itu, presiden mesti menegur bawahannya karena dari pernyataannya seolah-olah pemerintah mengabaikan putusan MK.

Advertisement

“Karena tindakan itu tidak benar. Kalau ahli boleh berbeda pendapat dan penafsiran, kalau putusan MK harus dihormati,” tutupnya.

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Presiden Putusan MK
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif