News
Kamis, 23 September 2010 - 10:20 WIB

Buntut pembunuhan pria Palestina, Yerusalem rusuh

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yerusalem–Kerusuhan terjadi di Yerusalem menyusul tewasnya seorang warga Palestina akibat ditembak penjaga keamanan Israel pada Rabu (22/9) kemarin. Aparat polisi Israel bentrok dengan sejumlah warga Palestina.

Sejumlah warga Palestina melemparkan batu ke lokasi doa Yahudi, Tembok Barat. Buntutnya, polisi pun mengejar massa yang masuk ke masjid suci al-Aqsa. Begitu massa masuk ke masjid, polisi menunggu di luar. Saat ini tak ada laporan jatuhnya korban ataupun konfrontasi lebih jauh.

Advertisement

Pejabat-pejabat Palestina mencetuskan, pembunuhan seorang pria Palestina yang bermukim di Yerusalem timur telah mengganggu negosiasi damai Israel dan Palestina yang disponsori pemerintah Amerika Serikat (AS).

Menurut otoritas Israel, seorang penjaga keamanan di pemukiman kecil Yahudi di distrik Silwan melepas tembakan ke arah lusinan warga Palestina yang mencegat kendaraannya. Massa juga melemparkan batu ke mobil pria Israel itu.

Dikatakan Ariel Rosenberg, juru bicara Kementerian Perumahan dan Pembangunan Israel, penembakan itu dilakukan sebagai pembelaan diri. “Itu soal nyawa dia atau nyawa mereka,” ujarnya seperti dilansir kantor berita Reuters, Kamis (23/9).

Advertisement

Setelah insiden penembakan itu, warga Silwan yang marah turun ke jalan. Mereka membakar beberapa mobil dan melemparkan batu ke polisi dan orang-orang yang melintas. Polisi pun merespons dengan melepas gas air mata dan water cannon.

dtc/tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Yerusalem
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif