News
Rabu, 22 September 2010 - 10:50 WIB

Revisi pertumbuhan ekonomi tak ubah proyeksi ekspor

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menyatakan revisi asumsi pertumbuhan ekonomi 2011 dari 6,3% menjadi 6,4% tak akan mengubah target pertumbuhan ekspor pemerintah yang tahun depan berada di kisaran 11-12%.

“Kalau cuma 0,1% sih mestinya pertumbuhan ekspornya tetap 11-12%,” kata Mari disela-sela acara HUT HIMPI di Ritz Carlton, Jakarta, Selasa malam (21/9).

Advertisement

Mari menyebutkan perlunya menggenjot perluasan pasar-pasar baru untuk terus meningkatkan ekspor. Saat ini pasar ekspor di Asia tercatat pertumbuhannya masih baik, bahkan pasar Afrika pun sangat potensial. “Memang harus kerja ekstra untuk menembus pasar baru,” ujarnya.

Sementara Menteri Perindustrian MS Hidayat optimistis pertumbuhan ekonomi 2011 ditas 6,4%, dengan catatan infrastruktur mulai terbangun dan suplai energi lancar. “Pertumbuhannya akan diatas itu (6,4%),  sampai 7%,” ujarnya.

Sebelumnya dalam rapat dengan Komisi XI DPR, Selasa (21/9) malam, Pemerintah dan anggota dewan sepakat mengubah beberapa asumsi makro. Pertumbuhan ekonomi direvisi dari 6,3% menjadi 6,4% dan nilai tukar rupiah terhadap dolar direvisi dari Rp 9.300 menjadi Rp 9.250. Sedangkan inflasi masih ditahan di level 5,3%. Begitu juga dengan suku bunga SBI 3 bulan pada level 6,5%.

Advertisement

dtc/try

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Mari Elka Pangestu
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif