Soloraya
Rabu, 22 September 2010 - 17:08 WIB

Pilkada Wonogiri satu putaran, KPU hemat Rp 4,2 M

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2010 Kabupaten Wonogiri berakhir satu putaran dengan kemenangan pasangan calon Danar Rahmanto-Yuli Handoko yang diusung PAN, PPP dan Gerindra melalui Koalisi Wonogiri Bangkit (KWB). Anggaranpun bisa dihemat sekitar Rp 4,2 miliar.

Data Espos, Rabu (22/9) menyebutkan, semula alokasi anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada 2010 dari APBD untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) senilai Rp 14,6 miliar untuk dua putaran. Anggaran itu sebenarnya jauh dari yang diajukan KPU sesuai kebutuhan yaitu sekitar Rp 27 miliar.

Advertisement

“Kami membagi anggaran untuk putaran I senilai Rp 10,4 miliar sedangkan untuk putaran II senilai Rp 4,2 miliar. Ternyata dari hasil penghitungan perolehan suara, tidak perlu sampai ke putaran II. Ya akhirnya anggaran Rp 4,2 miliar tak jadi digunakan,” ungkap Ketua KPU Wonogiri, Joko Purnomo, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Joko menambahkan pihaknya sempat khawatir anggaran tersebut tidak akan cukup. Namun, dengan melakukan efisiensi di berbagai segi, akhirnya anggaran itu ternyata cukup. Selanjutnya, sisa anggaran senilai Rp 4,2 miliar itu akan tetap tersimpan di kas daerah dan akan menjadi sisa lebih pelaksanaan anggaran (Silpa) APBD 2011 mendatang.

Pemungutan suara Pilkada 2010 Kabupaten Wonogiri berlangsung pada Kamis (16/9). Tidak ada kendala berarti yang menghambat jalannya pemungutan suara tersebut. Pada akhir penghitungan suara, sebagian besar masyarakat dibuat terkejut dengan hasilnya.

Advertisement

shs

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : KPU Hemat 4.2 M
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif