Soloraya
Rabu, 22 September 2010 - 23:50 WIB

Honor PPL akhirnya cair

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Wonogiri, Prihmardoyo mengatakan honor untuk para petugas pengawas lapangan (PPL) telah cair dan ditransfer ke rekening bendahara Panwascam, Rabu (22/9).

Dia juga mengatakan PPL memiliki waktu hingga akhir Oktober 2010 untuk menyerahkan laporan pertanggungjawaban (LPj). Prih, sapaan akrabnya, mengatakan sebenarnya sudah mengajukan pencairan honor itu ke Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) sejak sebelum Lebaran.

Advertisement

Namun, pengajuan itu harus melalui proses, diajukan ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), dan jika tidak ada kekurangan berkas baru surat perjanjian penggunaan dana (SP2D) diterbitkan. “Tadi pagi SP2D sudah keluar.

Dari DPPKAD sudah menyampaikan ke kami dan kami sudah mengirim pegawai ke sana untuk mengurusnya. Kalau tidak ada halangan mestinya honor PPL itu sudah ditransfer ke rekening bendahara Panwascam hari ini,” jelas Prih, saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Rabu.

Sebelumnya, Selasa (21/9), belasan PPL di Kecamatan Wonogiri mendatangi Panwascam setempat. Mereka mempertanyakan kejelasan soal honor mereka yang belum mereka terima sepeserpun, padahal mereka sudah bekerja dan melaksanakan kewajibannya membantu kelancaran selama Pilkada berlangsung.

Advertisement

Mereka pun mengancam akan menahan LPj mereka. Informasi yang mereka terima, LPj tersebut harus diserahkan ke Panwas kabupaten melalui Panwascam paling lambat enam hari setelah hari pemungutan suara, yang berarti Rabu (22/9). Namun, mereka mengatakan tidak akan menyerahkan LPj tersebut sampai honor mereka cair.

Prih mengatakan penyerahan LPj sebenarnya tidak harus enam hari setelah pemungutan suara. “Yang penting sebelum pasangan calon terpilih dilantik jadi bupati dan wakil bupati, LPj harus sudah diserahkan. Jadi tidak harus enam hari setelah pemungutan suara,” kata dia.

DPPKAD sendiri hingga berita ini diturunkan belum berhasil dimintai informasi tentang pencairan honor tersebut. Sehingga belum bisa diketahui berapa honor yang dicairkan apakah sekaligus tiga bulan atau sesuai masa kerja mereka yang baru dua bulan.

Advertisement

shs

Advertisement
Kata Kunci : Honor PPL
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif