Teknologi
Rabu, 22 September 2010 - 15:46 WIB

Facebook, sasaran favorit hacker amatir

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hacker

Jakarta--Mahasiswa menjadi kelompok yang gemar bereksperimen melakukan aksi hack. Setidaknya, hal ini terlihat dari hasil studi yang dilakukan di Amerika Serikat (AS) oleh Tufin Technologies.

Dalam surveinya, perusahaan layanan solusi keamanan jaringan asal AS ini menemukan sekitar 23 persen mahasiswa sukses meng-hack sistem IT. Sekitar 40 persen dari mereka umumnya masih cukup belia, yakni rata-rata berusia 18 tahun.

Advertisement

Lalu situs apakah yang kerap menjadi sasaran aksi hack mereka? Jawabannya, Facebook. Ya, rupanya akun atau profil Facebook menjadi target favorit para hacker amatir ini.

Dikutip detikINET dari PC Advisor, Rabu (22/9), sekitar 37 persen dari para mahasiswa ini mengaku kerap mencoba akses ilegal ke profil orang lain di Facebook. Selain jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu, akun email dan akun belanja online menjadi sasaran favorit berikutnya dengan persentase masing-masing 26 persen dan 10 persen.

Namun tidak semua mahasiswa yang disurvei aksi hacking, sebanyak 84 persen dari mereka tahu bahwa hacking adalah perbuatan yang salah. Sementara itu, hanya sekitar 32 persen yang menganggap aksi hacking adalah sesuatu yang terlihat keren.

Advertisement

Sebenarnya untuk apa mereka melakukannya? Sekitar 22 persen hacker pemula ini menyebutkan, kerap melakukan aksi hack hanya untuk memuaskan rasa penasaran. Sedangkan 15 persen mengatakan, aksi hacking mereka lakukan untuk mendapatkan uang.

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Facebook Hacker
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif