Rabu, 22 September 2010 12:22 WIB News Share :

Diterjang puting beliung 81 bangunan rusak

Siak–Sedikitnya 81 bangunan rusak dan hancur dihantam angin puting beliung di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau, yang terjadi pada Senin (20/9) kemarin.

“Puluhan bangunan yang rusak bukan hanya rumah penduduk tapi juga gedung sekolah dan mengakibatan siswa terhambat belajar,” ungkap Camat Kandis, Roni di Kandis, Rabu (22/9).

Ia mengatakan, dari 81 bangunan itu terdapat 78 bangunan rusak ringan termasuk gedung Sekolah Menengah Kejuruan Syarif Kasim yang atapnya beterbangan dan tiga bangunan hancur tidak bisa ditempati lagi.

Dari pantauan di Kecamatan Kandis, sepanjang jalan di Kelurahan Telaga Sam Sam terdapat rumah-rumah penduduk yang tidak lagi beratap karena atap seng mereka diterbangkan angin. Beberapa bangunan kios yang menjual makanan ikut hancur dan para pedagang terlihat sedang membangun kembali kios tempat mereka berjualan.

Camat Kandis Roni Rahmat mengungkapkan, sebanyak tiga rumah warga mengalami rusak berat, karena atap seng dan bangunan terbuat dari kayu yakni di Kelurahan Kandis kota, tiga rumah di Pasar Kandis roboh. Sementara itu, rumah yang mengalami rusak ringan dengan atap seng yang rusak sebanyak 75 unit.

Selain itu, lanjut dia, akibat angin puting beliung yang disertai hujan lebat dan petir, ratusan pohon bertumbangan dan beberapa  antena parabola milik masyarakat yang terbuat dari besi ikut patah. Bahkan, di lingkungan perkantoran camat sempat tergenang air hingga setengah betis orang dewasa akibat hujan lebat.

Hingga saat ini, seluruh masyarakat beserta unsur pimpinan Kecamatan Kandis terus melakukan kerja bakti, untuk membantu warga korban bencana alam tersebut dengan memperbaiki rumahnya yang rusak.

ant/rif

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.¬†¬† Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…