News
Rabu, 22 September 2010 - 09:18 WIB

AS kembali beri sanksi kertas asal Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Amerika Serikat (AS) mengenakan tambahan bea masuk untuk kertas dari China dan Indonesia. Kedua negara terbukti memberikan subsidi yang tidak adil dan dumping untuk produk kertas berlapisnya.

“Departemen Perdagangan AS menemukan produsen/eksportir Indonesia menjual jenis kertas berlapis tertentu di AS pada marjin dumping 20,13%,” demikian pernyataan Departemen Perdagangan AS seperti dikutip dari AFP, Rabu (22/9).

Advertisement

Departemen Perdagangan AS juga menemukan produsen/eksportir China menjual jenis kertas berlapis tertentu di AS di marjin dumping antara 7,60%- 135,83%.

Pada tahun 2009 China mengimpor kertas jenis tersebut senilai US$ 280 juta, sementara Indonesia mencapai US$ 62 juta. Departemen Perdagangan AS mulai menginvestigasi dugaan dumping dan subsidi yang tidak adil setelah adanya pengaduan dari sejumlah perusahaan kertas dan Serikat Pekerja di AS.

Mereka menuding eksportir kertas Indonesia dan China menjual produknya ke AS pada harga yang lebih murah dari biasanya dan menerima bantuan finansial yang tidak adil dari pemerintah sehingga menguntungkan produk tersebut.

Advertisement

Depdag AS mengatakan akan menginstruksikan bea dan cukai mengenakan uang jaminan atau surat berharga berdasarkan tarif anti dumping terhadap produk kertas berlapis Indonesia dan China itu.

dtc/try

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif