Selasa, 21 September 2010 13:52 WIB News Share :

Waspadai penipuan berkedok penerimaan CPNS

Yogyakarta–Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta meminta masyarakat tidak terjebak penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota Yogyakarta 2010.

“Dalam beberapa pekan terakhir, BKD mendapat laporan dari masyarakat yang menjadi korban penipuan penerimaan CPNS,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta Tri Widayanto di Yogyakarta, Selasa (21/9).

Menurut dia, penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Yogyakarta dilakukan secara transparan dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan sehingga tidak akan mungkin BKD memiliki perantara untuk menghubungi masing-masing CPNS dan meminta imbalan dengan besaran tertentu.

Ia mengatakan, masyarakat yang mengetahui ada penipuan penerimaan CPNS tersebut dapat melaporkannya ke BKD, baik secara langsung atau melalui hotline di nomor 08122780001 dan 2740 dan surat elektronik ke upik@jogjakota.go.id.

“Dalam dua pekan terakhir, kami menerima dua laporan pengaduan tentang penipuan CPNS dengan berbagai modus yang dialami Hanan, 63 dan Winarto, 27,” kata Tri.

Hanan, lanjut dia, mengaku menerima telepon dari seseorang utusan Kepala BKD yang meminta uang sebesar Rp 5 juta karena akan diangkat menjadi PNS setelah bekerja di koperasi selama lebih dari 20 tahun.

Sementara itu, kasus penipuan yang dialami Winarto adalah dengan mengirimkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan PNS per April 2008 kepada korban yang bersangkutan dengan imbalan sebesar Rp 30 juta.

Tri mengatakan, penipuan dengan berbagai modus tersebut kerap muncul menjelang penerimaan CPNS dan berdasarkan data dari 2009 hingga 2010, ada tujuh kasus penipuan yang diterima BKD Kota Yogyakarta.

ant/rif

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…