Selasa, 21 September 2010 13:13 WIB Sport Share :

Satu gol sangat belum cukup buat Ronaldo

Madrid--Akan selalu ada ekspektasi tinggi untuk seorang pemain termahal dunia. Buat Cristiano Ronaldo, kendati akhirnya sudah bikin gol di musim ini, tapi hal itu masih jauh dari kata cukup dari harapan suporter.

Sebagian Madridista sedang memberi tekanan pada Ronaldo terkait performanya sejauh ini. Tidak jarang ia diberi siulan dalam pertandingan, yang menandakan ada kekecewaan perlu diekspresikan untuk pemain internasional Portugal itu.

Penyebab utama Ronaldo dianggap belum memuaskan suporternya adalah timpangnya upaya mencetak gol yang dia lakukan dengan jumlah gol yang sudah ia hasilkan.

Dari empat pertandingan termasuk melawan Ajax di Liga Champions, pemain seharga 132 juta dolar AS mampu melepaskan 41 shot on goal atau rata-rata 10 per partai. Namun, dari jumlah fantastis itu hanya satu yang berbuah gol.

Tak cuma mandul, angka statistik itu juga menunjukkan adanya ambisi yang luar biasa dari Ronaldo untuk mencetak gol. Buat sebagian fans, ambisi itu sering terlihat seperti permainan yang individualis alias egois. Celakanya, sebagian besar terbuang tanpa hasil.

Gol yang sudah dikemas Ronaldo berasal dari bola mati, saat Madrid mengalahkan Real Sociedad 2-1 akhir pekan lalu. Ia menjebol gawang lawan dari tendangan bebas di luar kotak penalti, yang sedikit mengenai rekannya Pepe di barisan pagar betis, sehingga mengubah arah pergerakan bola.

Pembelaan untuk Ronaldo diberikan oleh gelandang Xabi Alonso. Ia meminta fans bersabar untuk melihat pencapaian yang lebih hebat dari pemain terbaik dunia 2008 itu.

“Aku tidak melihat ada yang berbeda dari Cristiano. Dia punya banyak peluang dan tidak beruntung karena tidak mencetak gol,” ujar Alonso, seperti dikutip dari Dailymail.

“Semua penyerang pasti pernah mengalami hal seperti ini. Tapi yang terpenting adalah kami menang sebagai sebuah tim,” sambungnya.

Ronaldo, yang musim lalu mengoleksi 33 gol dari 35 pertandingan di semua kompetisi, akan beraksi lagi Selasa (21/9) malam ini, saat Madrid menghadapi Espanyol di Santiago Bernabeu. Dari tiga laga di La Liga, baru dia, Ricardo Carvalho dan Angel di Maria yang telah menyumbangkan gol untuk El Real, masing-masing satu.

dtc/nad

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…