Selasa, 21 September 2010 12:33 WIB Kesehatan Share :

Bintik aneh di mata tak tahunya cacing giling

Des Moines, Iowa–Berawal dari 2 bintik aneh di mata kiri, seorang pria memeriksakan diri ke dokter. Tak disangka, bintik tersebut adalah cacing giling yang sudah sembilan bulan bersembunyi di balik bola matanya.

John Matthews, pria asal Iowa tersebut juga mengalami gangguan penglihatan sejak kemunculan bintik-bintik di matanya. Karena khawatir, ia mendatangi sebuah rumah sakit milik University of Iowa.

Setelah melewati serangkaian tes, para dokter mengungkap gangguan penglihatan yang dialami Matthews dipicu oleh adanya parasit. Dan ternyata, parasit yang tampak sebagai bintik aneh di mata kiri itu adalah seekor cacing.

Dikutip dari Dailytelegraph, Selasa (21/9), dokter menggunakan laser untuk mengeluarkan binatang tersebut. Butuh 2 tembakan laser sebelum akhirnya cacing itu mati dan bisa dikeluarkan.

“Saya bisa merasakan cacing itu bergerak-gerak di belakang bola mata, berusaha menghindar dari tembakan sinar laser,” tutur Matthews kepada Telegraph Herald.

Beruntung Matthews tidak mengalami kebutaan meski mengalami kerusakan permanen di bagian retina mata. Pada beberapa kasus kebutaan mendadak, kerusakan retina mata paling banyak menjadi penyebabnya.

Rakun (Procyon lotor) dikenal sebagai salah satu inang utama bagi cacing giling. Jutaan telur cacing di dalam perut rakun mudah sekali ditularkan pada para pemburu yang menangkapnya, lalu menetas dan menyebar ke organ-organ tubuh si pemburu.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…