Senin, 20 September 2010 17:05 WIB Wonogiri Share :

Tidak ada protes hasil penghitungan suara Pilkada Wonogiri

Wonogiri (Espos)–Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Wonogiri telah disampaikan kepada pihak-pihak terkait dalam rapat pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung Giri Wahana Kompleks GOR Wonogiri, Senin (20/9). Tidak ada protes atau keberatan atas hasil tersebut.

Pengamatan Espos, rapat pleno itu dihadiri seluruh anggota KPU, saksi dari masing-masing pasangan calon, desk Pilkada Pemkab Wonogiri, Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada dan Muspida. Tampak pula calon wakil bupati (Cawabup), Yuli Handoko. Namun, Yuli, yang bersama pasangannya Cabup Danar Rahmanto hampir pasti akan menjadi pasangan calon terpilih itu hanya mengikuti acara di barisan belakang.

Dalam acara tersebut, KPU menyampaikan hasil rekapitulasi yang telah dilakukan oleh 25 panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada Jumat (17/9) hingga Sabtu (18/9), di mana pasangan Cabup-Cawabup, Danar Rahmanto-Yuli Handoko berhasil mendulang 236.645 suara atau 40,36% dari total suara sah 586.288 suara. Disusul pasangan H Sumaryoto-H Begug Poernomosidi yang meraih 165.059 suara atau 28,15%, pasangan H Sutadi-Hj Paryanti dengan perolehan 113.407 suara atau 19,34%, dan terakhir pasangan H Mulyadi-Edy Purwanto yang meraih 71.177 suara atau 12,14%.

Jumlah pemilih yang menggunakan haknya sebanyak 600.065 orang atau sekitar 65,57% dari total jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 915.178 pemilih. Para saksi dari empat pasangan calon bisa menerima hasil tersebut dan tidak ada yang mengajukan keberatan.

Pada akhir acara mereka menandatangani berita acara rangkap tujuh yang dilampiri tiga berkas, meliputi sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pasangan calon, rincian perolehan suara pasangan calon dan pernyataan keberatan saksi dan kejadian khusus yang berhubungan dengan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara.

Sementara itu, Ketua KPU, Joko Purnomo mengatakan senang karena semua pihak bisa menerima hasil rekapitulasi itu. Dia mengakui dibandingkan Pilkada 2005 lalu, tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada memang turun.

shs

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…