Senin, 20 September 2010 22:11 WIB Klaten Share :

Sunarna-Sri Hartini unggul

Klaten (Espos)–Hasil sementara Pilkada Klaten 2010, Senin (20/9), menunjukkan kemenangan pasangan petahana, Sunarna SE MHum-Sri Hartini (SH). Hingga pukul 20.30 WIB, hasil penghitungan suara sementara yang ditayangkan melalui layar LCD di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, mengukuhkan perolehan suara SH yang mencapai 318.638 suara atau 64,23%.

Sementara, rival SH, yakni Agus Winarno-Dra Sri Kertati (Asri) meraup  138.897 suara atau 28,00%, disusul Drs Sarjono-Agus Murtana (Noto) dengan hanya meraih 38.517 suara atau 7,77%. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Ngatmin Sumarto Pawiro, mengatakan, berdasarkan monitoring KPU, pemungutan suara berjalan lancar dengan tingkat kehadiran pemilih berkisar 60%-65%.

“Sampai saat ini belum ada komplain ke KPU terkait penghitungan suara di TPS-TPS,” jelasnya kepada wartawan di Sekretariat KPU. Dia menuturkan, hasil sementara pemungutan suara yang ditayangkan sudah mencapai 80% dengan keunggulan salah satu calon lebih dari 60%, sehingga bisa dipastikan Pilkada cukup satu putaran. Menurutnya, evaluasi akan dilakukan untuk mengetahui kendala di lapangan.

Ditambahkan anggota KPU Klaten, Suharso, hasil final Pilkada belum bisa disampaikan karena masih harus dilakukan rekapitulasi penghitungan suara manual di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 21-23 September besok. Selanjutnya, diadakan rekapitulasi di KPU pada 24-26 September. “Dari hasil rekapitulasi manual itu akan ditentukan calon terpilih,” jelasnya.

Sementara, hasil perolehan suara sementara Pilkada dari Badan Kesbangpolinmas Klaten hingga pukul 20.30 WIB, menyebutkan, SH meraih 396.973 suara, Asri 170.030 suara sedangkan Noto 50.910 suara. Kepala Badan Kesbangpolinmas Klaten, Sri Winoto yang juga Ketua Pelaksana Harian Desk Pilkada Pemkab Klaten, mengatakan, hasil pantauan mendapati TPS yang kekurangan formulir.

“Tapi kebutuhan formulir segera dicukupi setelah dikoordinasikan dengan PPK setempat,” jelasnya. Dia mengatakan, tim Pemkab disebar ke lima Dapil untuk memastikan kesiapan TPS mengadakan pemungutan suara. Dia mengatakan, angka partisipasi pemilih di tiap TPS beragam.


rei

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…