News
Senin, 20 September 2010 - 13:55 WIB

DPR malu IMF ingatkan RI soal korupsi

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengaku kecewa dan malu diingatkan IMF bahwa korupsi menjadi musuh nomor satu perekonomian Indonesia.

Anggota Komisi XI DPR-RI Maruarar Sirait mengungkapkan perlunya dilakukan reformasi total di seluruh kementerian dan lembaga negara untuk memperbaiki citra Indonesia di mata internasional.

Advertisement

“Kalau saya pikir dari dulu itu memang malu dan kecewa tetapi seharusnya sudah jadi acuan untuk membuat langkah-langkah progresif,” ujar anggota Komisi XI DPR RI, Maruarar Sirait di Jakarta, Senin (20/09).

Politisi PDIP ini mengakui seluruh lembaga formal mulai DPR, kementerian, hingga lembaga negara lain yang mempunyai kekuasaan mengatur negara sudah tidak lagi bersih. Dia mengungkapkan perlunya reformasi total seluruh kementerian dan lembaga negara guna memperbaiki citra Indonesia.

“Maka diperlukan reformasi birokrasi total agar kepercayaan publik yang saat ini kurang baik kembali dan terlihat juga di mata internasional,” jelasnya.

Advertisement

Ia mengatakan pengawasan publik menjadi landasan yang kuat selain aparat hukum. Maruarar juga menyatakan guna reformasi diperlukan kesadaran diri setiap orang di lembaga itu. “Selain regulasi, proses rekruitmen dibenahi. Reward dan punishment jelas tertulis di awal masa jabatan,” katanya.

dtc/try

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : IMF Korupsi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif