Senin, 20 September 2010 13:33 WIB Kesehatan Share :

Cairan nitrogen efektif sembuhkan kutil

Leiden–Ada banyak cara untuk mengatasi kutil meski tidak satu pun yang efektifitasnya mencapai 50 persen. Untuk jenis kutil umum (verruca vulgaris), cara paling ampuh adalah pembekuan dengan nitrogen cair.

Cara ini lebih ampuh dibandingkan dengan pemberian asam salisilat dalam bentuk salep maupun plester. Padahal asam salisilat lebih sering digunakan untuk mengobati kutil karena praktis dan lebih ekonomis.

Sebuah penelitian di Leiden University mencoba membandingkan kedua metode itu pada 240 orang penderita kutil yang berusia 4 hingga 79 tahun. Dari jumlah tersebut, jenis kutil umum diderita oleh 116 orang sedangkan jenis kutil plantar (verruca plantaris) diderita oleh 124 orang.

Dalam pengamatan selama 13 pekan, kedua metode itu memberikan tingkat kesembuhan yang hampir sama pada jenis kutil plantar. Namun pada jenis kutil umum, perbedaannya cukup signifikan.

Asam salisilat yang sering dipakai untuk mengobati kutil umum mampu memberikan tingkat kesembuhan sebesar 15 persen pada jenis kutil tersebut. Sedangkan pembekuan dengan nitrogen cair, tingkat kesembuhannya jauh lebih tinggi yakni 49 persen.

Dikutip dari Healthday, Senin (20/9), kutil merupakan pertumbuhan kulit yang tidak normal yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini cukup banyak ditemukan dan menyerang sedikitnya 30 persen anak usia sekolah.

Kutil umum atau common wart biasanya muncul pada jari, sekitar kuku dan punggung tangan. Sementara kutil plantar yang lebih mudah menular biasanya tumbuh di daerah telapak kaki.

Metode untuk menghilangkan kedua jenis kutil ini ada berbagai macam, mulai dari obat-obatan hingga laser maupun listrik. Namun pengobatan dengan asam salisilat dan pembekuan dengan nitrogen cair merupakan 2 metode yang paling umum digunakan.

Meski praktis dan ekonomis, pengobatan dengan asam salisilat seringkali kurang efektif. Karena harus digunakan secara rutin, kadang-kadang pasien tidak mematuhi aturan pakai sehingga tidak bisa mencapai target terapi yang diharapkan.

Demikian juga pada pembekuan dengan nitrogen cair, efektivitas yang lebih tinggi bukan berarti bebas dari kekurangan. Selain biayanya lebih mahal, metode ini kurang disukai karena sering menyebabkan efek samping seperti luka dan melepuh.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…