Senin, 20 September 2010 15:16 WIB Solo Share :

2011, revitalisasi Alun-alun Utara dimulai

Solo (Espos)–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berkerja sama dengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat akan merevitalisasi kawasan Alun-alun Utara (Alut) pada tahun 2011 nanti.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Kota Solo, Yob S Nugroho saat ditemui wartawan di sela-sela kesibukannya, Senin (20/9), mengatakan upaya revitalisasi kawasan Alut tersebut merupakan kelanjutan proyek revitalisasi kawasan Gladak.  Yob menjelaskan, dalam jangka dekat pihaknya akan menggelar pertemuan dengan pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk membahas rencana revitalisasi Alut tersebut.

Menurutnya, diperlukan sinkronisasi dengan pihak Keraton untuk menentukan grand desain revitalisasi Alut nantinya. “Pihak Keraton selaku pemangku wilayah berhak mengajukan grand desain sendiri. Demikian halnya Pemkot selaku penyelenggara pemerintahan. Untuk itu, grand desain itu harus disinkronkan agar tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari,” papar Yob.

Tujuan revitalisasi Alut, menurut Yob, adalah memperkuat image Solo sebagai Kota Budaya. “Tanpa mengesampingkan fungsinya ekonomi, revitalisasi  Alut ini dimaksudkan untuk mengembalikan fungsi ideal sebagai penguat citra Keraton,” urai Yob.

mkd

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU REJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Urgensi Mendesain Ulang Prolegnas

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (14/2/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universita Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com.  Solopos.com, SOLO–Sidang paripurna DPR di ujung 2017 lalu dibuka dengan laporan 50 rancangan undang-undang (RUU)…