Minggu, 19 September 2010 21:08 WIB Wonogiri Share :

Lebaran, omzet pedagang di WGM naik hingga Rp 5 juta/hari

Wonogiri (Espos)--Musim libur Lebaran benar-benar menjadi musim panen raya bagi para pedagang di objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri. Omset mereka seharinya bisa mencapai Rp 4 juta-Rp 5 juta.

Bila dibandingkan dengan hari-hari libur biasa, peningkatan omset itu cukup dramatis. Salah seorang pedagang makanan, Ny Roto mengungkapkan pada hari-hari libur biasa, omsetnya paling banyak hanya Rp 400.000-Rp 500.000 sehari. Tapi pada Lebaran 2010 ini, omsetnya rata-rata Rp 4 juta/hari.

“Bahkan pernah, waktu ramai-ramainya, omset saya sempat mencapai Rp 5 juta sehari. Saat musim Lebaran seperti ini memang menjadi berkah buat kami. Tapi pemasukan besar, yang dibutuhkan untuk modal juga tidak kalah besar,” kata Ny Roto yang mengaku sudah hampir 30 tahun berjualan makanan di objek wisata WGM, saat ditemui Espos di kiosnya, Minggu (19/9).

Ny Roto mengungkapkan kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok yang terjadi sejak beberapa waktu sebelum Lebaran membuat pengeluarannya untuk modal jadi lebih besar. Padahal, ia tidak bisa menaikkan harga makanan yang dijualnya mengikuti kenaikan harga bahan-bahan kebutuhan pokok itu. Sebab, hal itu berisiko membuatnya kehilangan pembeli dan pelanggan.

Pedagang makanan lainnya di sekitar Plasa WGM, Suryadi juga mengaku mendapatkan peningkatan omset yang cukup signifikan. Dibandingkan hari-hari libur biasa, omzetnya bisa naik hingga hampir 10 kali lipat.

“Kalau hari-hari libur biasa, paling banyak omset saya Rp 300.000-Rp 400.000 sehari. Tapi kalau Lebaran bisa sampai Rp 3,5 juta. Makanya saya selalu membuat persiapan lebih tiap menjelang Lebaran,” ujar pedagang tersebut.

Pantauan <I>Espos<I> sepanjang libur Lebaran kemarin, WGM sangat ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan pada beberapa  hari pertama setelah Lebaran, jalanan menuju objek wisata itu macet hingga 5 km.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Objek Wisata Sendang Asri WGM, Agus Tri Harimulyanto, saat dihubungi <I>Espos<I>, Minggu (19/9) mengungkapkan hingga kemarin jumlah pengunjung objek wisata WGM telah mencapai 90.000-an orang. Jumlah ini hampir menyamai jumlah pengunjung selama 14 hari libur Lebaran 2009 lalu.

“Kami berharap sampai H+14 Lebaran nanti jumlah pengunjungnya minimal bisa menyamai jumlah pengunjung Lebaran tahun lalu. Hari ini (kemarin) adalah hari terakhir libur Lebaran untuk anak-anak sekolah. Tapi mudah-mudahan masih akan banyak pengunjung yang berdatangan. Kan masih ada event Kejurnas Paralayang yang bisa jadi daya tarik,” ujar Agus.

shs

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…