Minggu, 19 September 2010 19:12 WIB Solo Share :

Diterjang lesus, angsana tumbang

Solo (Espos)--Sebatang pohon angsana setinggi 10 meter tumbang di Jalan Supomo, Kelurahan Mangkubumen, Banjarsari. Pohon tersebut tumbang karena diterjang angin lesus, Minggu (19/9) petang.

Akibatnya, batang pohon yang merintang di jalan itu sempat menghalangi jalan dan mengganggu arus lalu lintas. Menurut salah satu warga, Fery, pohon tersebut tumbang saat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi sekitar pukul 16.15 WIB. “Ada angin dari arah selatan, berputar-putar dan menerjang pohon itu, lalu tumbang ke timur,” katanya kepada Espos, Minggu.

Akibatnya, pohon tersebut memutus kabel telepon dan mengganggu jaringan listrik di area itu. Kabel telepon di sisi barat putus dan juga mengenai kabel listrik di sisi timur jalan.

“Sempat ada bunyi ledakan, dor saat kena kabel listrik, lalu listrik mati,” katanya.

Selain itu, ranting pohon juga menimpa sebuah mobil sedan dan menimbulkan kerusakan ringan. Hery, pemilik mobil mengaku bersyukur tidak terjadi kerusakan parah. “Saya juga untungnya tidak ada di dalam mobil,” terangnya. pohon itu juga hampir menimpa sebuah rumah toko (Ruko) di sisi timur jalan.

Lurah Mangkubumen, Purwanto, mengatakan tidak ada korban luka dalam peristiwa ini.

“Saat tumbang, jalan sedang sepi karena hujan lebat disertai angin,” tambahnya. Sesaat setelah reda, sejumlah warga memotong batang dan ranting pohon tersebut agar tidak mengganggu arus lalu lintas. Warga butuh waktu sekitar 30 menit untuk membersihkan ranting pohon dari jalan. Sementara beberapa anggota Linmas mengatur arus lalu lintas di simpang empat Pasar Beling. Pada pukul 17.00 WIB, arus kembali lancar karena batang pohon dapat dipinggirkan. “Saya sudah telpon DKP (Dinas Kebersihan dan Pertamanan) agar segera ditangani,” pungkasnya.

m86

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…