Minggu, 19 September 2010 14:02 WIB Klaten Share :

108 penghuni LP siap mencoblos di Pilkada Klaten

Klaten (Espos)–Sebanyak 108 dari 252 penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas II B Klaten mengaku siap menggunakan hak pilihnya dalam ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Klaten yang jatuh pada besok Senin (20/9).

Dari jumlah tersebut, 16 di antaranya adalah pemilih bersyarat lantaran harus memakai formulir A8 dulu agar hak-hak pilihnya tetap sah. “Besok (hari ini-<I>red<I>) TPS khusus akan dibangun. Yang jelas, KPU telah menyanggupi membuatkan TPS khusus,” kata Kasi Pembinaan dan Pendidikan (Binadik) LP Klaten, Eko Bekti Susanto kepada wartawan usai
menggelar sosialisasi Pilkada di dalam LP tersebut, Sabtu (18/9).

Pada tahun 2010 ini, jumlah penghuni LP yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) ialah 164 orang. Namun, dari jumlah tersebut 56 penghuni lainnya dinyatakan sudah bebas. Dia melanmbahkan, Pemilu pada tahun-tahun sebelumnya, penghuni LP Klaten kerap hangus hak-hak suaranya lantaran KPU tak membangun TPS Khusus di dalam LP.

Padahal, kata Eko, semua penghuni telah terdaftar dalam daftar pemilih tetap
(DPT). “Masak, mereka kami giring keluar LP untuk memberikan hak suaranya. Kalau mereka kabur, apa nggak malah nambahi perkara,” jelasnya.

asa

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…