Sabtu, 18 September 2010 09:38 WIB News Share :

Tes terbang Sukhoi di Lanud Hasanuddin batal

Jakarta–Tes terbang atau flight test pesawat tempur Sukhoi yang dijadwalkan pukul 07.00 Wita pagi ini, Sabtu (18/9), di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, batal dilaksanakan.

Sebelumnya, pada Kamis (16/9), Danlanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama Agus Supriatna menyebutkan rencana Flight Test 2 jet Sukhoi jenis SU/27 SKM dijadwalkan pada Jumat kemarin (17/9). Namun pada jumat kemarin, pukul 09.00-10.00 Wita hanya satu pesawat yang melakukan tes terbang.

Dari tes terbang satu Sukhoi kemarin, Danlanud menyebutkan hasilnya sangat baik dan tidak ada masalah.

Menurut Kaur Penerangan Umum & Pasukan Lanud Sultan Hasanuddin, Kapten (Pnb) Agus Subagyo yang dihubungi detikcom, pilot Sukhoi asal Rusia batal melaksanakan tes terbang Sukhoi SU/27 SKM single seat dan sedianya akan dilanjutkan pada Senin nanti (20/9/2010).

“Hari ini mereka off, tidak ada Flight Test, tapi perakitan Sukhoi satunya tetap dilanjutkan,” ujar Agus.

Agus juga membantah batalnya pelaksanaan tes terbang Sukhoi dipengaruhi suasana berduka dari para teknisi Sukhoi. “Tidak ada pengaruhnya itu, mereka kan ngejar kontrak, itu tanggung jawabnya,” pungkas Agus.

Rencananya, setelah ketiga Sukhoi rampung dirakit dan sudah dinyatakan layak terbang, ketiga Sukhoi tersebut akan bergabung dengan tujuh pesawat Sukhoi milik Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin lainnya, untuk terbang menuju lapangan terbang Halim Perdana Kusuma di Jakarta pada 30 September nanti. Sepuluh pesawat Sukhoi tersebut nantinya akan berpartisipasi dalam perayaan HUT TNI pada 5 Oktober mendatang.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…