News
Sabtu, 18 September 2010 - 09:38 WIB

Tes terbang Sukhoi di Lanud Hasanuddin batal

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Tes terbang atau flight test pesawat tempur Sukhoi yang dijadwalkan pukul 07.00 Wita pagi ini, Sabtu (18/9), di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, batal dilaksanakan.

Sebelumnya, pada Kamis (16/9), Danlanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama Agus Supriatna menyebutkan rencana Flight Test 2 jet Sukhoi jenis SU/27 SKM dijadwalkan pada Jumat kemarin (17/9). Namun pada jumat kemarin, pukul 09.00-10.00 Wita hanya satu pesawat yang melakukan tes terbang.

Advertisement

Dari tes terbang satu Sukhoi kemarin, Danlanud menyebutkan hasilnya sangat baik dan tidak ada masalah.

Menurut Kaur Penerangan Umum & Pasukan Lanud Sultan Hasanuddin, Kapten (Pnb) Agus Subagyo yang dihubungi detikcom, pilot Sukhoi asal Rusia batal melaksanakan tes terbang Sukhoi SU/27 SKM single seat dan sedianya akan dilanjutkan pada Senin nanti (20/9/2010).

“Hari ini mereka off, tidak ada Flight Test, tapi perakitan Sukhoi satunya tetap dilanjutkan,” ujar Agus.

Advertisement

Agus juga membantah batalnya pelaksanaan tes terbang Sukhoi dipengaruhi suasana berduka dari para teknisi Sukhoi. “Tidak ada pengaruhnya itu, mereka kan ngejar kontrak, itu tanggung jawabnya,” pungkas Agus.

Rencananya, setelah ketiga Sukhoi rampung dirakit dan sudah dinyatakan layak terbang, ketiga Sukhoi tersebut akan bergabung dengan tujuh pesawat Sukhoi milik Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin lainnya, untuk terbang menuju lapangan terbang Halim Perdana Kusuma di Jakarta pada 30 September nanti. Sepuluh pesawat Sukhoi tersebut nantinya akan berpartisipasi dalam perayaan HUT TNI pada 5 Oktober mendatang.

dtc/tiw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Pesawat Sukhoi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif