Sabtu, 18 September 2010 11:42 WIB News Share :

Perilaku PJI dituding mirip Parpol

Jakarta–Sikap ribuan anggota Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) yang menolak jaksa agung dari luar dan lebih memilih calon dari internal dinilai mirip perilaku partai politik (Parpol).

“Itu bukan jaksa, itu perilaku partai. Masa iya jaksa  seperti itu,” kata pengamat hukum tata negara, Saldi Isra seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (18/9).

Saldi mengatakan, sikap PJI tersebut dianggap mendikte Presiden. Padahal sebagai abdi negara, jaksa tidak bisa mencampuri kewenangan Presiden.

Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Andalas ini juga menyatakan, sikap PJI menunjukkan institusi kejaksaan sudah darurat perubahan. Muncul dugaan kondisi di kejaksaan saat ini banyak yang memanfaatkan.

“Kita baca sebagai indikasi ketakutan kelompok tertentu yang ingin mempertahankan status quo. Presiden tidak boleh takut dan ragu memilih calon dari luar,” tandasnya.

dtc/try

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…