Sabtu, 18 September 2010 13:38 WIB Kesehatan Share :

Makan sayur cegah batu ginjal

Jakarta–Mengkombinasikan menu makanan sehat dalam diet harian ternyata tak hanya bisa menurunkan berat badan saja. Tapi juga bisa menurukan tekanan darah sekaligus mencegah terserang penyakit batu ginjal.

Apa saja jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi? Simak infonya di sini!
Diet kini tak hanya untuk mereka yang ingin menurukan berat badan saja. Tapi juga dijalankan oleh mereka yang ingin hidup lebih sehat. Menghindari penyakit jantung, menurunkan kadar gula, tekanan darah, hingga mencegah terserang penyakit batu ginjal.

Para peneliti di Amerika memeriksa dampak Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) diet. Program diet ini hanya menganjurkan makan makanan seperti buah-buhan, sayuran, kacang-kacangan, semua produk susu, daging merah, dan kurangi makanan manis.

Para peneliti menganalisa contoh urin selama 24 jam kepada 3.426 orang dengan catatan kesehatan ginjal yang baik. Meskipun asupan cairan yang masuk memiliki jumlah yang sama, tapi mereka yang mengikuti diet DASH urin yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak. Urin yang dihasilkan lebih banyak karena asupan makanan tersebut mengandung kadar air yang tinggi.

Hasil studi menyatakan, kalau urin yang dihasilkan diet DASH ini memiliki sitrat dengan kadar yang tinggi. Yaitu, kalsium penting yang menghambat proses terjadinay batu ginjal. Selain itu, dua jenis makanan utama diet DASH-susu rendah lemak dan sayuran, dapat mencegah terjadinya pengendapan batu ginjal. Hasil penelitian ini muncul di dalam jurnal Clinical Journal of the American Society of Nephrology, seperti diberitakan detikfood, Jumat (17/9).

Nah, agar tidak tidak terkena penyakit batu ginjal Anda bisa mulai mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung kadar air yang tinggi dan tentu saja olah raga teratur.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…