Jumat, 17 September 2010 10:53 WIB News Share :

Uji coba Sukhoi sukses

Jakarta–Jet Sukhoi pesanan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dari Rusia telah  menjalani tes terbang di Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Makassar. Uji coba yang dilakukan pukul 07.00 Wita berlangsung sukses.

“Sukses seperti yang diharapkan, tidak ada masalah, bagus,” ujar Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Makassar Marsma Agus Supriatna, Jumat (17/9).

Uji coba baru dilakukan terhadap satu jet Sukhoi tipe SU 27-SKM yang tiba di Makassar 10 September lalu. Rencananya jet pabrikan Rusia itu diserahterimakan kepada Pemerintah Indonesia 27 September mendatang.

“Dari Rusia akan diserahkan ke Kemhan, dari Kemhan baru ke TNI,” terang Agus.

Indonesia meneken kontrak pembelian 6 pesawat tempur Su-30 MK senilai Rp 300 juta dolar tahun 2007. Tiga pesawat telah dikirim pada 2009, sedang 2 unit datang pada 10 September dan 1 unit lainnya datang, Kamis (16/9) malam.

Pengiriman Sukhoi sempat menarik perhatian karena 3 teknisi Rusia yang bertugas mengawasi perakitan meninggal, Senin (13/9). Mabes Polri menyebut mereka meninggal setelah menenggak spiritus. Jenazah ketiganya akan dibawa pulang ke Rusia malam nanti dengan pesawat raksasa Antonov.

dtc/try

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…