Jumat, 17 September 2010 12:25 WIB Kesehatan Share :

Susu tinggi kalsium dapat bantu turunkan berat badan

Washington–Susu seringkali dijadikan pantangan bagi orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan (overweight). Tapi susu yang bebas lemak serta tinggi kalsium dan vitamin D justru dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa nutrisi kalsium dan vitamin D pada susu sapi formula sangat penting untuk dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam dua tahun studi tersebut, ditemukan bahwa peminum susu memiliki keuntungan kesehatan yang lebih daripada orang yang jarang minum susu. Dalam studi ini, lebih dari 300 orang usia antara 40-65 tahun dengan kelebihan berat badan berpartisipasi.

Dilansir dari Indiavision, Jumat (17/9), peneliti dari Washington menemukan bahwa orang dewasa yang minum susu tinggi kalsium dan vitamin D sebanyak dua kali per hari selama 6 bulan, akan mengalami penurunan berat badan lebih besar yang rata-rata sekitar 12 pound atau 5,5 kg.

Peneliti juga menemukan bahwa setiap tambahan 6 ons susu atau produk susu (sekitar tiga perempat cangkir susu), dikaitkan dengan penurunan berat badan rata-rata sebesar 4,5 kg selama 6 bulan.

Selain kalsium, peneliti menemukan bahwa kadar vitamin D juga membawa dampak positif dalam keberhasilan penurunan berat badan dan kesehatan tubuh lainnya.

Peneliti menunjukkan vitamin D dapat membantu melindungi tubuh terhadap diabetes, hipertensi (tekanan darah tinggi), penyakit jantung dan kanker tertentu. Selain itu, vitamin D juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan hasil studi ini, peneliti merekomendasikan orang untuk tetap makan yang sehat, aktif dan minum susu bebas lemak tinggi kalsium dan vitamin D setiap hari, untuk membantu menjaga berat badan tetap sehat.

Hasil studi terbaru ini telah diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…