Soloraya
Jumat, 17 September 2010 - 17:31 WIB

Pasca-Lebaran perpanjangan KTP meningkat

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Permintaan perpanjangan masa berlaku kartu tanda penduduk (KTP) di Kabupaten Karanganyar, meningkat selama beberapa hari usai lebaran.

Di Kecamatan Gondangrejo, pengajuan perpanjangan masa berlaku KTP meningkat hingga empat kali lipat. Sedangkan pengajuan KTP baru, tidak mengalami peningkatan. Pada hari biasa, pengajuan tersebut hanya sekitar 10 KTP per hari. Namun setelah lebaran, permintaan itu menguat hingga mencapai 50 buah per hari.

Advertisement

Kondisi tersebut terjadi lantaran banyak warga Gondangrejo yang berstatus sebagai perantau. “Mumpung libur lebaran selama sepekan, mereka (perantau-red) memanfaatkannya untuk sekalian mengurus perpanjangan masa berlaku KTP mereka,” ujar Camat Gondangrejo, Suharno, kepada  Espos, Jumat (17/9).

Meskipun pihak kecamatan dibanjiri permintaan perpanjangan KTP, sambung Suharno, hal itu tidak sampai mengganggu proses pembuatannya. Selain itu, pembuatannya juga tidak sampai berhari-hari.

Sementara di Kecamatan Tasikmandu, permohonan perpanjangan masa berlaku KTP juga meningkat. Bahkan dari tahun ke tahun, pasca-Lebaran ini peningkatannya sangat signifikan, yakni dua kali lipat lebih. Jika hari biasa hanya mencapai 25 buah, maka setelah lebaran bisa meningkat antara 50-60 buah. Hal itu berlangsung sejak Selasa-Jumat (14-17/9) ini.

Advertisement

m87

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif