Jumat, 17 September 2010 20:54 WIB Info Mudik,Solo Share :

Pada H+5 jumlah penumpang semakin menurun

Solo (Espos)--Pada H+5 atau Kamis (16/9) jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun dan terminal di Solo semakin menurun. Dari data di UPTD Terminal Tirtonadi, pada H+5 jumlah bus reguler yang berangkat ada 2.491 unit dengan jumlah penumpang 32.987 orang. Dan bus nonreguler yang berangkat ada 16 unit dengan jumlah penumpang 438 orang.

Sedangkan data jumlah bus reguler yang berangkat pada H+4 ada 2.623 unit dengan jumlah penumpang 47.249 orang. Jumlah bus nonreguler yang berangkat ada 12 unit dengan jumlah penumpang 456 orang. Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, MV Djammila, saat ditemui Espos Jumat (17/9) membenarkan hal tersebut.

Sama halnya dengan jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Purwosari. Data jumlah penumpang pada H+5 ada 836 orang. Jumlah tersebut menurun dari data H+4 dengan jumlah penumpang 1.094 orang.

Menurut Kepala Stasiun Purwosari, Suwardi, ada kemungkinan arus balik terjadi hingga dua pekan. “Untuk kereta ekonomi, sebagian besar pengguna adalah pedagang. Jadi mereka tidak seperti pegawai yang waktunya sudah ditentukan,” jelasnya saat ditemui Espos di ruang kerjanya.

Ia menambahkan, berbeda dari tahun 2009, tahun ini ada batasan kuota jumlah penumpang. “Tahun lalu PT KA menargetkan pada pendapatan. Kali ini PT KA lebih menekankan pada pelayanan,” terangnya. Sementara itu, calon penumpang yang menginap di Stasiun Purwosari untuk mengantre tiket masih saja ada.

Suwardi membenarkan hal tersebut, ada sekitar 15 orang yang menginap di Stasiun Purwosari pada Kamis (17/9).

Berbeda dengan jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Jebres. Dari data yang diperoleh Espos, pada H+5 ada 3.250 orang. Data tersebut meningkat dibanding hari sebelumnya dengan jumlah penumpang 2.572 orang.

Kepala Stasiun Jebres, Sunaryo, memrediksi lonjakan terjadi pada Sabtu dan Minggu (18-19/9). “Kemungkinan arus balik masih terjadi dalam dua pekan setelah Lebaran. Karena masih banyak penumpang yang turun di Stasiun Jebres dari kereta jurusan Jakarta,” jelasnya saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Jumat.


m91

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…