Jumat, 17 September 2010 09:07 WIB Issue Share :

Malam ini Wapres nonton 'Sang Pencerah'

Jakarta— Wakil Presiden, Boediono Jumat malam (17/9) pukul 19.15 dijadwalkan menonton Film ‘Sang Pencerah’ di Plaza Indonesia.

Sebelumnya, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menghadiri acara nonton bareng film ‘Sang Pencerah’ di Studio XXI Plaza Senayan, 13 September 2010.

‘Sang Pencerah’  adalah film tentang sosok Kyai Haji Ahmad Dahlan yang merupakan pendiri organisasi masyarakat Muhammadiyah.

Film ini mengambil setting waktu awal abad ke 20, ketika dunia muslim diwarnai kondisi yang sebagian orang sebut sebagai sebuah gerakan pemurnian Islam.

Gerakan ‘pemurnian’ ini dipopulerkan oleh beberapa tokoh seperti Muhammad Abduh, Jamaluddin Al Afghani, Rasyid Ridha dll. Motivasi dasar gerakan ini adalah kembali pada inti ajaran Islam dan melepaskan ajaran tahayul.

Di Indonesia sendiri muncul sosok pembawa pemikiran tesebut, dia adalah Muhammad Darwis yang kemudian dikenal dengan nama Ahmad Dahlan, seorang muslim dari Kauman Yogyakarta.

Secara umum, film ini menceritakan proses lahirnya salah satu organisasi sosial kemasyarakatan umat muslim, Muhammadiyah. Sedangkan secara khusus tentu saja menyangkut kisah tokoh sentralnya, KH. Ahmad Dahlan.

vivanews/rif

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…