News
Jumat, 17 September 2010 - 07:06 WIB

3 Hari ke depan Indonesia dilanda hujan lebat dan petir

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta — Sebagian besar wilayah Indonesia akan diguyur hujan lebat disertai kilat dan petir. Cuaca ekstrim tersebut mulai melanda Indonesia sejak tanggal 17 sampai 20 September mendatang.

Berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Jumat (17/9), pusaran angin tertutup tersebut terjadi di Samudera Hindia bagian Barat Sumatera. Selain itu, di daerah Laut Flores hingga Jawa dan Papua Timur hingga Papua Barat juga terjadi pumpunan angin yang memanjang.

Advertisement

Akibatnya, wilayah Pantai Barat Sumatera bagian Tengah, Sumatera bagian Selatan serta Jawa bagian Barat Kalimantan, Sulawesi bagian Selatan dan Barat, Maluku Tengah serta Papua terjadi pertumbuhan awan hujan yang tidak biasa.

Ada pun wilayah-wilayah yang berpotensi akan diguyur hujan lebat tersebut adalah bagian pulau Sumatera, termasuk Sumatera Utara bagian Barat, Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan bagian Selatan, Bengkulu, dan Lampung. Untuk pulau Kalimantan, meliputi wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian Utara, Kalimantan Timur bagian Timur, Kalimantan Selatan.

Sedangkan untuk pulau Jawa, wilayah yang ikut merasakan cuaca ekstrim yakni Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur bagian Tengah dan Selatan. Dan untuk kawasan timur Indonesia meliputi, NTB bagian Barat, Sulawesi Utara dan Gorontalo, Sulawesi Tengah bagian Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan bagian Selatan, Sulawesi Tenggara bagian Selatan, Maluku Utara serta Papua bagian Barat dan Tengah.

Advertisement

Bagi Anda yang akan bepergian, disarankan untuk lebih berhati-hati karena cuaca yang tidak menentu. Mungkin saja ini bisa menggangu perjalanan Anda.

dtc/tya

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Deras Hujan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif