Jumat, 17 September 2010 07:06 WIB News Share :

3 Hari ke depan Indonesia dilanda hujan lebat dan petir

Jakarta — Sebagian besar wilayah Indonesia akan diguyur hujan lebat disertai kilat dan petir. Cuaca ekstrim tersebut mulai melanda Indonesia sejak tanggal 17 sampai 20 September mendatang.

Berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Jumat (17/9), pusaran angin tertutup tersebut terjadi di Samudera Hindia bagian Barat Sumatera. Selain itu, di daerah Laut Flores hingga Jawa dan Papua Timur hingga Papua Barat juga terjadi pumpunan angin yang memanjang.

Akibatnya, wilayah Pantai Barat Sumatera bagian Tengah, Sumatera bagian Selatan serta Jawa bagian Barat Kalimantan, Sulawesi bagian Selatan dan Barat, Maluku Tengah serta Papua terjadi pertumbuhan awan hujan yang tidak biasa.

Ada pun wilayah-wilayah yang berpotensi akan diguyur hujan lebat tersebut adalah bagian pulau Sumatera, termasuk Sumatera Utara bagian Barat, Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan bagian Selatan, Bengkulu, dan Lampung. Untuk pulau Kalimantan, meliputi wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian Utara, Kalimantan Timur bagian Timur, Kalimantan Selatan.

Sedangkan untuk pulau Jawa, wilayah yang ikut merasakan cuaca ekstrim yakni Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur bagian Tengah dan Selatan. Dan untuk kawasan timur Indonesia meliputi, NTB bagian Barat, Sulawesi Utara dan Gorontalo, Sulawesi Tengah bagian Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan bagian Selatan, Sulawesi Tenggara bagian Selatan, Maluku Utara serta Papua bagian Barat dan Tengah.

Bagi Anda yang akan bepergian, disarankan untuk lebih berhati-hati karena cuaca yang tidak menentu. Mungkin saja ini bisa menggangu perjalanan Anda.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…