Kamis, 16 September 2010 23:14 WIB Hukum Share :

Tipu lewat facebook, warga Mojokerto berurusan dengan polisi

Klaten (Espos)–Gara-gara menyalahgunakan facebook untuk melakukan penipuan, Sulung Gardianto, 23, warga Dusun Japan, Desa Terusan, Kecamatan Soku, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur harus berurusan dengan aparat berwajib. Tersangka diciduk petugas setelah berhasil memperdaya Pujianti, 21, warga Kecamatan Delanggu.

Kapolres Klaten, AKBP Agus Djaka Santosa, Kamis (16/9), mengatakan, pelaku saat berkenalan dengan korban melalui situs jejaring facebook mengaku sebagai anggota TNI yang bertugas di Papua. “Pelaku menawarkan laptop dengan harga Rp 3 juta kepada korban. Pelaku meyakinkan korban bahwa harga laptop di Papua memang lebih murah dibanding di Jawa,” jelasnya di Mapolres Klaten.

Korban yang tergiur dengan tawaran itu mengirimkan uang muka Rp 1,5 juta yang diminta pelaku. Namun sampai sebulan lebih, barang yang diharapkannya dikirim lewat paket oleh pelaku tak juga sampai ke rumah. Korban lalu melaporkan kejadian itu ke Mapolres Klaten. Menurut Kapolres, hasil penyelidikan berhasil menguak identitas pelaku yang ternyata tidak berada di Papua, namun di Yogyakarta.

Petugas Satreskrim Polres diterjunkan ke lapangan untuk mencari keberadaan pelaku. Dalam waktu singkat, petugas membekuk pelaku di Pandakan, Kabupaten Bantul, DIY dan membawanya ke Mapolres Klaten. Menurut Kapolres, pelaku dipastikan warga sipil dan mengaku-aku sebagai aparat TNI untuk mengelabui korbannya. “Kasus masih didalami karena tidak menutup kemungkinan ada korban lainnya,” jelasnya.

Kapolres meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan karena aksi penipuan bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk facebook.Sementara, pelaku mengatakan seragam TNI diperoleh dari rekannya. Sebelum beraksi dia mengaku berkenalan dengan korban. “Setelah dia (korban) yakin, baru saya tawari barang,” papar Sulung.

rei

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…