Kamis, 16 September 2010 16:45 WIB Ekonomi Share :

Tingkat efisiensi perbankan RI rendah

Jakarta–Bank Indonesia (BI) menyatakan tingkat efisiensi perbankan di tanah air sangat jauh tertinggal dengan lembaga serupa di negara-negara lain.

“Bank di Indonesia ini tingkat efisiensinya tergolong sangat kalah dibanding bank luar negeri, untuk itu kita akan keluarkan kebijakan lanjutan untuk mendorong efisiensi,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia, S Budi Rochadi, di Kantor Menteri Perekonomian di Jakarta, Kamis (16/9).

Padahal menurut Budi, dilihat dari marjin laba perbankan di Indonesia kondisinya cukup baik dan tinggi, tetapi efisiensi sangat kurang. “Nah sesuai aturan Basel III nantinya efisiensi juga harus ditingkatkan,” ungkap Budi.

Lebih lanjut dia mengatakan, prinsipnya semua konsep Basel III telah diadopsi bank-bank di Indonesia. Terutama rasio permodalan atau core Tier I perbankan yang sesuai aturan internasional harus berada di posisi 4,5%.

dtc/try

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kids Zaman Now Membaca Media Cetak?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (12/2/2018) dan Harian Bisnis Indonesia edisi Sabtu (10/2/2018). Esai ini karya Lahyanto Nadie, pengampu Manajemen Media Massa di Kwik Kian Gie School of Business dan pengurus Yayasan Lembaga Pers dr. Soetomo Jakarta. Solopos.com,…