Kamis, 16 September 2010 12:27 WIB Hukum Share :

Polri anggap pemeriksaan Cirus Cs selesai

Jakarta–Seperti halnya Kejaksaan Agung, Mabes Polri mengklaim pemeriksaan jaksa Cirus Sinaga cs terkait kasus mafia hukum Gayus Tambunan telah selesai. Pemeriksaan bisa kembali dilakukan dengan perintah hakim.

“Itu sudah selesai. Sudah dikoordinasikan penyidik dengan jaksa penuntutnya,” ujar Kadiv Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Iskandar Hasan, Kamis (16/9).

Menurut Iskandar, apa yang terjadi dalam persidangan Rabu (15/9), polisi tak bisa menindaklanjuti. Dia mengatakan hal itu masuk dalam ranah pengadilan yang menjadi lingkup kewenangan hakim dan jaksa.

Lebih lanjut Iskandar menyebutkan Polri baru akan menindaklanjuti jika ada keputusan pengadilan. “Polisi akan bekerja setelah ada perintah jaksa atau perintah hakim yang berdasarkan keputusan. Di luar keputusan ngapain kita lanjutkan?” ujar jenderal bintang satu tersebut.

Terkait pengakuan Brigjen Raja Erizman yang menyatakan perintah buka blokir rekening Gayus berasal dari petunjuk jaksa,  dapat dijadikan alat bukti dilakukannya penyelidikan, namun tetap harus menunggu keputusan hakim.

Sebagaimana diketahui, Kejaksaan Agung menilai kasus yang melibatkan jaksa Cirus Cs telah selesai. Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan, Marwan Effendi, menganggap Cirus dan jaksa lain yang menangani Gayus Tambunan hanya melakukan kesalahan administrasi dan tidak ditemukan adanya perbuatan suap.

dtc/try

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…