Kamis, 16 September 2010 19:02 WIB Klaten Share :

Penyuntikan vaksin meningitis akan mulai dilakukan besok

Klaten (Espos)–Penyuntikan vaksin meningitis bagi para calon jemaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Klaten dilaksanakan mulai Jumat (17/9) besok. Saat ini, vaksin meningitis telah didistribusikan ke Puskesmas-Puskesmas di seluruh kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, dr Ronny Roekmito MKes, Kamis (16/9), menuturkan, pemeriksaan kesehatan Calhaj tahun ini diserahkan ke Puskesmas di masing-masing wilayah, termasuk pemberian vaksin meningitis. “Pelayanan di Puskesmas untuk mengefektifkan cek kesehatan sebelum Calhaj diberangkatkan ke Tanah Suci,” jelasnya kepada Espos di Klaten, Kamis (16/9).

Menurutnya, semua Puskesmas sudah mendapatkan edaran sehingga sudah siap melayani Calhaj. Petugas Puskesmas, ungkapnya, juga diberikan pelatihan untuk memahami cara pemberian vaksin terhadap Calhaj yang agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Dikatakan dia, satu fial vaksin meningitis tahun ini diperuntukkan bagi satu orang Calhaj, sedangkan tahun lalu satu fial vaksin bisa dipakai untuk delapan hingga Sembilan Calhaj.

Ronny mengatakan, pemeriksaan kesehatan Calhaj dilakukan secara bertahap  di masing-masing Puskesmas. Menurutnya, pihak Puskesmas bekerja sama dengan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) untuk menentukan jadwal pemeriksaan maupun pemberian vaksin meningitis. Dijelaskan dia, lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan vaksinasi tergantung banyaknya Calhaj serta kesiapan mereka untuk datang ke Puskesmas setempat.

Pihaknya meyakini pemberian vaksin takkan ada kendala lantaran sudah ada petunjuk yang jelas. Pada prinsipnya, vaksinasi meningitis sama dengan penyuntikan vaksin lainnya. Dokter serta petugas Puskesmas sudah cukup berpengalaman dan mereka telah diminta memberikan pelayanan terbaik bagi Calhaj. Selain itu, peralatan dan perlengkapan di setiap Puskesmas sudah cukup memadai untuk menyimpan vaksin dengan baik.

rei

lowongan pekerjaan
PT. Monang' Sianipar Abadi ( MSA KARGO ), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…