Soloraya
Kamis, 16 September 2010 - 19:02 WIB

Penyuntikan vaksin meningitis akan mulai dilakukan besok

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Penyuntikan vaksin meningitis bagi para calon jemaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Klaten dilaksanakan mulai Jumat (17/9) besok. Saat ini, vaksin meningitis telah didistribusikan ke Puskesmas-Puskesmas di seluruh kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, dr Ronny Roekmito MKes, Kamis (16/9), menuturkan, pemeriksaan kesehatan Calhaj tahun ini diserahkan ke Puskesmas di masing-masing wilayah, termasuk pemberian vaksin meningitis. “Pelayanan di Puskesmas untuk mengefektifkan cek kesehatan sebelum Calhaj diberangkatkan ke Tanah Suci,” jelasnya kepada Espos di Klaten, Kamis (16/9).

Advertisement

Menurutnya, semua Puskesmas sudah mendapatkan edaran sehingga sudah siap melayani Calhaj. Petugas Puskesmas, ungkapnya, juga diberikan pelatihan untuk memahami cara pemberian vaksin terhadap Calhaj yang agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Dikatakan dia, satu fial vaksin meningitis tahun ini diperuntukkan bagi satu orang Calhaj, sedangkan tahun lalu satu fial vaksin bisa dipakai untuk delapan hingga Sembilan Calhaj.

Ronny mengatakan, pemeriksaan kesehatan Calhaj dilakukan secara bertahap  di masing-masing Puskesmas. Menurutnya, pihak Puskesmas bekerja sama dengan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) untuk menentukan jadwal pemeriksaan maupun pemberian vaksin meningitis. Dijelaskan dia, lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan vaksinasi tergantung banyaknya Calhaj serta kesiapan mereka untuk datang ke Puskesmas setempat.

Pihaknya meyakini pemberian vaksin takkan ada kendala lantaran sudah ada petunjuk yang jelas. Pada prinsipnya, vaksinasi meningitis sama dengan penyuntikan vaksin lainnya. Dokter serta petugas Puskesmas sudah cukup berpengalaman dan mereka telah diminta memberikan pelayanan terbaik bagi Calhaj. Selain itu, peralatan dan perlengkapan di setiap Puskesmas sudah cukup memadai untuk menyimpan vaksin dengan baik.

Advertisement

rei

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Haji Vaksin Meningitis
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif