Kamis, 16 September 2010 16:35 WIB Ekonomi Share :

Konsumsi premium naik 4-5%/bulan

Jakarta–Tingginya pertumbuhan kendaraan bermotor di tanah air meningkatkan konsumsi premium sebesar 4-5%/bulan. Tahun 2010 ini, pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor mencapai 10-15%.

“Kenaikannya sekitar 4-5% per bulan. Hampir merata di seluruh wilayah,” ujar Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero), Djaelani Sutomo di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (16/9).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan menyatakan kenaikan jumlah kendaraan bermotor tahun ini sekitar 10-15%. Kenaikan itu menyebabkan konsumsi premium terus meningkat hingga melebihi kuota BBM bersubsidi yang ditetapkan dalam APBN Perubahan 2010.

Karen membantah pembatasan konsumsi BBM bersubsidi yang sedang digodok pemerintah merupakan cara mengarahkan masyarakat berpindah ke Pertamax.

Sebagai informasi, saat ini penjualan Pertamax tidak mengalami peningkatan dengan rata-rata penjualan sekitar 1.500 kiloliter per hari. “Jadi bukan kita mau mengalihkan, bukan. Dari data yang ada sekarang, tahun ini saja, roda empat dan roda dua itu naik sekitar 10%-15%. Jadi kalau misalnya itu naik, maka tercermin dalam penggunaan premium. Tiap tahunnya terus naik, jelasnya.

dtc/try

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…