Kamis, 16 September 2010 15:53 WIB Ekonomi Share :

IBC
Anggaran pelesir DPR ke luar negeri Rp 162,9 M

Jakarta — Indonesia Budget Center (IBC) mencatat anggaran DPR untuk kunjungan ke luar negeri tahun 2010 mencapai Rp 162,9 miliar. Angka itu meningkat 7 kali lipat dibanding anggaran serupa lima tahun lalu Rp 23,5 miliar.

“Anggaran pelesiran meningkat 7 kali lipat,” kata Direktur IBC Arif Nuralam di kantor Tranparansi Internasional Indonesia, Jakarta Selatan, Kamis (16/9).

Menurut Arif, setiap studi banding ke luar negeri anggota Dewan menghabiskan hingga Rp 4 miliar. Tak tertutup kemungkinan program itu dimanfaatkan guna kepentingan pribadi.

Arif mendesak pimpinan DPR dan fraksi-fraksi segera mengevaluasi studi banding ke luar negeri. Dengan beban legislasi yang amat banyak, kata dia, seharusnya DPR tak lagi menghabiskan waktu dan uang melakukan hal-hal yang tidak perlu.

“Beban legislasi amat banyak, harus dipertimbangkan apa ada manfaat,” katanya.

dtc/try

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…