Kamis, 16 September 2010 16:12 WIB Wonogiri Share :

Bukan warga asli terdaftar di DPT

Wonogiri (Espos)–Sejumlah warga yang diindikasikan bukan warga asli terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) tempat pemungutan suara (TPS) 4 Wonokarto, Wonogiri. Selain itu, ditemukan pula pemilih yang sudah meninggal dunia masih terdaftar di DPT tersebut.

Pilkada Wonogiri digelar di 2.026 TPS di 25 kecamatan dan 294 desa/kelurahan, Kamis (16/9).  Berdasarkan pengamatan Espos di sejumlah TPS, pemungutan suara berlangsung lancar.

Namun, di samping kelancaran itu masih ditemukan DPT yang kacau. Salah satunya di TPS 4 Wonokarto. Di TPS di mana calon bupati (Cabup) Mulyadi yang diusung Koalisi Satrio Bangkit (Demokrat dan kawan-kawan) itu ditemukan sejumlah warga yang diindikasikan bukan warga asli namun tercantum di DPT.

“Di RT tempat tinggal saya, Jl Bima V RT 5/RW II Wonokarto ada enam nama yang saya ketahui bukan warga kami tapi terdaftar di DPT. Saya tahu betul karena hanya berjarak tiga rumah dari rumah saya. Dua dari mereka memang pernah tinggal di situ tapi sudah pindah setahunan lalu. Sedangkan empat orang lainnya sama sekali tidak saya kenal,” ungkap warga setempat yang juga anggota DPRD Wonogiri, Abdullah Rabbani yang juga terdaftar di DPT TPS 4, kepada wartawan, Kamis.

Selain pemilih yang diindikasikan bukan warga setempat, Abdullah juga mengaku mendapat informasi adanya pemilih yang sudah meninggal ternyata masih tercantum di DPT. “Saya tidak tahu jumlah pastinya berapa. Sepengetahuan saya hanya satu. Dia kebetulan tetangga saya,” ungkap Rabbani.

Terpisah, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 4 Wonokarto, Sudarmadi mengkonfirmasi adanya pemilih yang sudah meninggal tapi masih terdaftar di DPT.

“Ada tiga pemilih yang sudah meninggal tapi masih tercantum di DPT. Tadi nama mereka sudah langsung kami coret. Mungkin terlewat waktu dilakukan pemutakhiran data,” jelas Sudarmadi, saat ditemui Espos di sela-sela pemungutan suara kemarin.

Namun demikian, mengenai warga yang diindikasikan bukan warga setempat, Sudarmadi mengatakan tidak ada. Semua pemilih yang terdaftar di DPT adalah warga asli yang punya KTP dan tercatat sebagai warga Wonokarto.

shs

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…