Rabu, 15 September 2010 14:32 WIB News Share :

Pramuka Indonesia ditiru negara lain

Jakarta–Ketika Panja Pramuka DPR studi banding ke Afsel, negeri yang Pramukanya gagal, banyak negara lain ingin meniru Pramuka di Indonesia. Pramuka di Tanah Air memiliki anggota sangat banyak, mencapai 17 juta orang.

“Yang lain ingin tahu tentang Pramuka yang berbasis sekolah seperti berkembang di Indonesia. Kalau negara lain kebanyakan Pramuka berbasis komunitas,” ujar Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof Dr dr Azrul Azwar, Rabu (15/9).

Menurut dia, anggota Pramuka Indonesia demikian banyak karena setiap pelajar otomatis anggota Pramuka. Selain karena jumlah penduduk Indonesia yang besar.

Selama ini, lanjut Azrul, Indonesia bersama kepanduan lain dari berbagai negara sering mengikuti pelatihan bersama. “Dalam Pramuka tidak ada belajar hal baru dari negara lain, karena semua sebenarnya sama. Standar,” tuturnya.

dtc/try

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…