News
Rabu, 15 September 2010 - 12:59 WIB

Pilot mabuk, pesawat batal terbang

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Belanda— Polisi Belanda menahan seorang pilot asal Amerika Serikat (AS) sesaat sebelum dia menerbangkan pesawat, Selasa (14/9) waktu setempat. Setelah diperiksa, pilot tersebut sebelumnya telah mengkonsumsi alkohol dengan kadar di luar batas yang diperbolehkan.

Pilot berusia 52 tahun asal Woodbury, New Jersey –  yang tidak disebutkan namanya – memiliki kadar alkohol dalam darahnya sebesar 0.023 persen. Menurut juru bicara Agen Polisi Belanda, kadar ini telah sedikit melebihi kadar alkohol yang diperbolehkan di Belanda. Menurut laporan polisi, dia tidak menerbangkan maskapai Belanda.

Advertisement

Berdasarkan peraturan Administrasi Penerbangan Federal, pilot tidak diperbolehkan menerbangkan pesawat delapan jam setelah mengkonsumsi alkohol. Penerbangan pilot tersebut dibatalkan dan dia dikenai denda sebesar US$900.

Walaupun polisi menolak memberikan keterangan nama maskapai tempat pilot itu bekerja, namun menurut stasiun berita CNN, kemungkinan maskapai tersebut adalah Delta Airlines. Karena pada hari yang sama, maskapai ini membatalkan salah satu penerbangan rute Amsterdam, Belanda menuju Newark, New Jersey.

Pihak maskapai beralasan pembatalan dilakukan karena salah seorang kru kapal berada dalam kondisi kurang fit. Saat ini perusahaan bekerja sama dengan pemerintah lokal tengah mengadakan pemeriksaan mengenai hal ini.

Advertisement

vivanews/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif