Rabu, 15 September 2010 12:59 WIB Internasional Share :

Pilot mabuk, pesawat batal terbang

Belanda— Polisi Belanda menahan seorang pilot asal Amerika Serikat (AS) sesaat sebelum dia menerbangkan pesawat, Selasa (14/9) waktu setempat. Setelah diperiksa, pilot tersebut sebelumnya telah mengkonsumsi alkohol dengan kadar di luar batas yang diperbolehkan.

Pilot berusia 52 tahun asal Woodbury, New Jersey –  yang tidak disebutkan namanya – memiliki kadar alkohol dalam darahnya sebesar 0.023 persen. Menurut juru bicara Agen Polisi Belanda, kadar ini telah sedikit melebihi kadar alkohol yang diperbolehkan di Belanda. Menurut laporan polisi, dia tidak menerbangkan maskapai Belanda.

Berdasarkan peraturan Administrasi Penerbangan Federal, pilot tidak diperbolehkan menerbangkan pesawat delapan jam setelah mengkonsumsi alkohol. Penerbangan pilot tersebut dibatalkan dan dia dikenai denda sebesar US$900.

Walaupun polisi menolak memberikan keterangan nama maskapai tempat pilot itu bekerja, namun menurut stasiun berita CNN, kemungkinan maskapai tersebut adalah Delta Airlines. Karena pada hari yang sama, maskapai ini membatalkan salah satu penerbangan rute Amsterdam, Belanda menuju Newark, New Jersey.

Pihak maskapai beralasan pembatalan dilakukan karena salah seorang kru kapal berada dalam kondisi kurang fit. Saat ini perusahaan bekerja sama dengan pemerintah lokal tengah mengadakan pemeriksaan mengenai hal ini.

vivanews/rif

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…