News
Rabu, 15 September 2010 - 11:40 WIB

Ecoton somasi Presiden SBY

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Surabaya–Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah atau Ecological Observation dan Wetlands Conservation (Ecoton) melayangkan somasi kepada Presiden SBY. Buruknya kualitas air Kali Brantas dinilai merupakan kesalahan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Dalam siaran persnya Ecoton menilai pemerintah lalai memperhatikan pengelolaan Kali Brantas. Padahal kali itu adalah sumber kehidupan keanekaragaman hayati.

Advertisement

“Pencemaran yang terjadi di Kali Brantas ini membuat kualitas air di Kali Brantas turun,” kata Direktur Ecoton, Prigi Arisandi di Surabaya, Rabu (15/9).

Prigi menyomasi pemerintah agar segera memperbaiki kualitas air Kali Brantas dengan menghentikan pencemaran yang terjadi. Selama ini sejumlah perusahaan berdiri di pinggir Kali Brantas dan seenaknya mencemari kali tersebut.

Tuntutan dalam adalah agar Presiden SBY melaksanakan kewajibannya mengelola Kali Brantas. Di antaranya dengan memulihkan kualitas airnya dan mengendalikan pencemaran melalui penetapan peruntukan kelas air Kali Brantas yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden atau Peraturan Menteri.

Advertisement

Yang tidak kalah penting adalah menegakkan hukum dan menindak perusahaan yang terbukti membuang limbahnya ke Kali Brantas. Selain itu memperketat pengawasan secara umum sehingga tidak ada limbah yang dibuang ke Kali Brantas.

dtc/try

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kali Brantas
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif