Senin, 13 September 2010 20:07 WIB Solo Share :

Volume sampah Putri Cempo naik hingga 20%

Solo (Espos)–Volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo Solo meningkat rata-rata 30 ton – 40 ton/hari atau sekitar 15% hingga 20% selama masa Lebaran 2010 ini.

“Pada H-7 sampai dengan H-1 Lebaran sampah memang dihabiskan, artinya para pengangkut sampah dari rumah tangga ke tempat pembuangan sampah (TPS) sengaja lembur untuk mengangkut sampah. Kemudian pada hari H dan H+1 Lebaran mereka off atau libur untuk merayakan Lebaran, sehingga volume sampah di TPA sempat turun. Tapi mulai hari Minggu (12/9) kemarin mulai stabil lagi,” ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) TPA Putri Cempo, Pramujo ketika ditemui wartawan di TPA setempat, Senin (13/9).

Diakui Pramujo, volume sampah di TPA Putri Cempo meningkat sekitar 15% hingga 20%. “Memang sepekan ini volumenya stabil, tetapi termasuk tinggi. Rata-rata per hari bisa mencapai 270 ton. Padahal, biasanya sampah yang masuk antara 230 ton perhari,” terangnya.

Namun menurutnya, kenaikan tersebut lebih dikarenakan perubahan cuaca yang tak menentu. Terutama saat terjadi hujan memang mempengaruhi berat sampah yang diangkut.   “Kalau sekarang ini kan tidak menentu, sehari hujan sehari panas. Itu berdampak pada volume sampah. Jadi ini tidak ada pengaruhnya dengan masa Lebaran,” kata dia.

sry

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…