Soloraya
Senin, 13 September 2010 - 18:48 WIB

Ratusan atribut kampanye dicopoti petugas

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Petugas tim gabungan Pemkab, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas (Panwas), dan kepolisian, Senin (13/9), mencopoti atribut kampanye di sepanjang jalan mulai dari kawasan Nambangan, Selogiri hingga Ngadirojo pada hari pertama masa tenang sebelum pemungutan suara Pilkada 2010.

Menurut rencana, kegiatan itu akan dilanjutkan hingga H-1 pemungutan suara, dengan prioritas lokasi radius 200 meter dari calon tempat pemungutan suara (TPS), jalan-jalan kabupaten, kemudian jalan-jalan kampung dan dusun. Namun, di sisi lain, tim sukses masing-masing pasangan calon juga diharapkan proaktif menurunkan sendiri atribut yang mereka pasang.

Advertisement

Pantauan Espos, Senin (13/9), wilayah Selogiri dan Wonogiri  sudah relatif bersih dari atribut. Tim melakukan pembersihan sejak dini hari. Aneka atribut seperti baliho, poster, stiker, pamflet, rontek dan spanduk yang dipasang di ruang publik dibongkar lalu diangkut oleh petugas.

Ketua KPU Wonogiri, Joko Purnomo mengungkapkan berdasarkan PP No 6/2005, UU No 32/2004 dan Peraturan KPU No 69/2009, seluruh kawasan harus bersih dari atribut kampanye begitu memasuki masa tenang.

“Pencopotan atribut itu sebenarnya menjadi tanggung jawab tim sukses masing-masing pasangan calon. Tapi kami menyadari mencopot demikian banyak atribut tidak mungkin dilakukan dalam satu hari. Apalagi dalam kondisi cuaca hujan seperti kemarin. Karena itu tim gabungan ikut turun tangan,” jelas Joko, saat dihubungi Espos, Senin.

Advertisement

shs

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif