Soloraya
Senin, 13 September 2010 - 22:42 WIB

Mangkunegaran ramai pengunjung

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo  (Espos)–Saat hari pertama dibuka, Senin (13/9) setelah libur Lebaran selama tiga hari mulai Jumat-Minggu (10-12/9), kawasan wisata Keraton Mangkunegaran ramai pengunjung.

Dari pantauan Espos, pengunjung yang datang tidak hanya turis asing tetapi juga turis lokal. Koordinator Pemandu Wisata Keraton Mangkunegaran, Purwanto, membenarkan adanya peningkatan jumlah pengunjung. “Hari ini, ada sekitar 100 orang pengunjung yang terdiri dari turis lokal dan asing,” jelasnya saat ditemui wartawan di kantornya.

Advertisement

Dia menambahkan, banyaknya turis lokal berasal dari masyarakat yang mudik ke Solo. “Selain itu, ini memang waktu liburan bagi turis asing yang dimulai sekitar bulan Juni hingga September,”. Tetapi, lanjut dia, pengunjung yang datang masih didominasi oleh turis asing. Seperti Belanda, Jerman, Perancis Belgia serta Jepang.

Di sisi lain, ada pembedaan tiket masuk pada turis lokal dan asing. Untuk turis lokal Rp 5.000 per orang dan turis asing Rp 10.000 per orang. Harga tiket masuk tersebut menurut Purwanto masih tergolong murah karena pengunjung mendapat fasilitas gratis seperti toilet, pemandu wisata dan penjelasan mengenai sejarah Keraton Mangkunegaran selama 45 menit-60 menit.

m91

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Mangkunegaran
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif