Senin, 13 September 2010 19:17 WIB Kesehatan Share :

Cegah flu tak cukup hanya dengan cuci tangan

Boston–Sebuah penelitian membuktikan penularan flu lebih efektif melalui pernapasan, bukan kontak langsung pada permukaan kulit. Karena itu, cuci tangan dengan alkohol sekalipun tidak banyak membantu mencegahnya.

Berbagai jenis hand sanitizer atau jeli pembersih yang mengandung alkohol telah dilengkapi dengan formula antivirus. Namun karena berbagai virus penyebab flu lebih banyak ditularkan lewat udara, penyebarannya tidak bisa ditangkal hanya dengan hand sanitizer.

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian di Amerika, yang dipresentasikan dalam Interscience Conference on Antimicrobial Agents and Chemotherapy (ICAAC) yang berlangsung di Boston baru-baru ini. Penelitian ini didanai sebuah perusahaan hand sanitizer, Dial Corporation.

Dikutip dari Ninemsn, Senin (13/9), para peneliti meminta sejumlah partisipan untuk membersihkan tangannya dengan hand sanitizer tiap tiga jam. Kebiasaan ini dilakukan selama 10 pekan, antara 25 Agustus hingga 9 November 2009.

Ternyata 42 persen dari kelompok tersebut tetap terjangkit infeksi rhinovirus, hampir menyamai kelompok pembanding yakni 51 persen. Flu babi atau H1N1 bahkan menjangkiti 12 di antaranya, hampir menyamai angka di kelompok pembanding yakni 15 orang.

“Kesimpulannya, membersihkan tangan saja tidak signifikan mengurangi risiko penularan penyakit akibat virus flu,” ungkap Ronald Turner dari University of Virginia yang memimpin penelitian tersebut.

Karena penularannya lebih efektif melalui pernapasan, penularan virus influenza dan rhinovirus bisa dicegah dengan selalu menutupi hidung saat bersin. Jika sedang mewabah, penggunaan masker penutup wajah juga bisa membantu agar tidak tertular.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…