Senin, 13 September 2010 12:37 WIB Sport Share :

AS jawara di kejuaraan basket dunia

Istanbul–Usai sudah penantian 16 tahun timnas basket putra Amerika Serikat akan gelar juara dunia. Di partai final melawan Turki, Senin (13/9) dinihari  WIB, AS menang 81-64.

Bermain di bawah “teror” ribuan pendukung tuan rumah di Sinan Erdem Dome stadiun, AS mampu tampil baik dan mendominasi jalannya sejak kuarter pertama.

Di kuarter tersebut AS unggul 22-17 dan menutup paruh pertama laga dengan keunggulan 42-32. Masuk ke kuarter ketiga AS masih unggul 61-48 dan di kuarter terakhir AS mencetak 20 poin untuk menutup laga dengan skor 81-64.

Ini adalah gelar pertama AS di kejuaraan dunia dalam waktu 16 tahun, setelah mereka terakhir meraihnya tahun 1994. Ketika jadi tuan rumah di tahun 2002, AS malah finis di posisi keenam dan empat tahun lalu saat diperkuat LeBron James, Dwayne Wade dan Carmelo Anthony, mereka hany bisa merebut medali perunggu.

Dengan begini AS jadi negara yang paling banyak mengumpulkan titel dunia yaitu empat. Tiga sebelumnya diraih pada 1954, 1986 dan 1994.

Keputusan Mike Krzyzewski yang meninggalkan para pemain bintangnya dan hanya membawa Chauncey Billups serta Lamar Odom sebagai pemain senior tak terbukti salah. Dengan diperkuat pasukan muda dengan Kevin Durant sebagai andalanya, AS mengukir rekor selalu menang dari fase grup.

Durant pun berhak tampil sebagai MVP turnamen berkat penampilan cemerlangnya selama turnamen berlangsung. Di partai final ini Durant menyumbang 28 poin bagi kemenangan tim AS.

“Pilihan kami saat datang ke sini hanyalah tampil baik dan meraih medali emas. Dan sangat senang rasanya membawa kembali pulang piala ini,” sahut Durant seperti dilansir Yahoosports.

Juara 2006 Spanyol harus puas berada di posisi kelima setelah takluk dari Argentina di perebutan tempat keempat. Sementara Lithuania berhasil merebut medali perunggu setelah mengalahkan Serbia 99-88.

Kejuaraan dunia basket empat tahun mendatang akan dihelat di Madrid, Spanyol.

dtc/tiw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…