Minggu, 12 September 2010 19:39 WIB Ekonomi Share :

70 UMKM terima bantuan modal

Solo (Espos)–Sekitar 70 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Solo akan menerima bantuan modal dari Dinas Koperasi dan UMKM. Pemberian bantuan modal dalam bentuk pinjaman dengan besaran mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 5 juta itu akan dikucurkan pada akhir Oktober mendatang.

Disampaikan Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo, Vitriaman, sekitar 70 UMKM yang akan menerima bantuan modal tersebut didapat setelah hasil seleksi lebih dari 200 usaha kecil dan menengah yang mengajukan proposal penerimaan bantuan tahunan kepada Dinas Koperasi dan UMKM.  “Kami memberlakukan syarat-syarat tertentu dalam proses seleksi agar bantuan yang kami salurkan tepat waktu dan tepat sasaran,” kata Vitriaman saat ditemui wartawan usai membuka acara Srawung Batik di sepanjang citywalk Jalan Slamet Riyadi, Rabu (8/9).

Selain menyerahkan surat pengatar dari kelurahan, UMKM yang akan diikutkan dalam program ini bukanlah usaha fiktif serta tidak pernah menerima bantuan sebelumnya dari instansi lain. Proses pendaftaran dan seleksi UMKM yang berhak mendapatkan bantuan modal akan terus berlangsung hingga akhir tahun.

Hal tersebut diungkapkan Vitriaman berkaitan dengan akan terus bertambahnya jumlah bantuan yang disalurkan. Hingga kini, Vitriaman mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan dana sebesar Rp 600 juta untuk disalurkan kepada UMKM yang telah lolos seleksi. Dana bantuan ini  masih mungkin bertambah seiring dengan mengalirnya pengembalian bantuan kredit UMKM tahun sebelumnya.

“Bantuan ini diberikan dengan sistem pinjaman yang harus dikembalikan oleh para pengusaha dalam jangka waktu dua tahun dengan bunga sebesar 6%. Kami berharap akan lebih banyak lagi usaha kecil dan menengah yang menerima bantuan ini,” paparnya.

m92

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…