Minggu, 12 September 2010 23:39 WIB Klaten Share :

1.139 Calhaj Klaten dipastikan mendapat kursi keberangkatan

Klaten (Espos)–Sebanyak 1.139 calon jemaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Klaten dipastikan mendapat kursi keberangkatan ke Tanah Suci pada tahun 2010 ini.

Sebelum Lebaran, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat telah mendistribuskan koper bagi masing-masing Calhaj, melalui petugas Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap kecamatan. Kasi Haji dan Umroh Kemenag Klaten, M Yusuf saat dijumpai Espos di kantornya, baru-baru ini, mengatakan, Calhaj yang akan berangkat terdiri dari beberapa unsur, yakni 1.124 Calhaj yang melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), 11 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) serta lima Calhaj luar daerah yang mutasi ke Klaten. “Sementara, ada satu Calhaj dari Klaten yang mutasi ke luar daerah, sehingga jumlah Calhaj tahun ini 1.139 orang,” jelasnya.

Yusuf menyampaikan, para Calhaj diprediksi terbagi dalam empat kelompok terbang (Kloter). Menurutnya, satu Kloter biasanya terdiri atas 375 orang, sehingga jika jumlah Calhaj asal Klaten sebanyak 1.139 orang, maka kemungkinan dipecah menjadi tiga atau empat Kloter.

Pada bagian lain, anggota Komisi IV DPRD Klaten, Mulyono, berharap petugas pendamping haji lebih profesional dalam menjalankan tugasnya. Dia meminta, Calhaj yang sudah lanjut usia (Lansia) dipantau kesehatannya secara serius sehingga lancar dalam melaksanakan ibadah hajinya. “Meskipun cuaca ekstrim, jangan sampai mengganggu jalannya ibadah haji. Kami berharap Kaur dan Karom nanti lebih memperhatikan kesehatan Calhaj yang didampinginya,” ungkapnya.

rei

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…