Jumat, 10 September 2010 11:34 WIB News Share :

Untung
Lebaran ini, tak ada agenda khusus

Sragen (Espos)–Bupati Sragen, Untung Wiyono tak mengagendakan kegiatan tertentu pada Lebaran Tahun ini. Dia masih melaksanakan kegiatan rutin saat Lebaran, yaitu acara sungkem dengan keluarga dan mengikuti Open House Gubernur Jawa Tengah di Semarang.

Sebelum menggelar Open House di Rumah Dinas Bupati seperti kebiasaan setiap lebaran, Untung mengikuti Sholat Idul Fitri di jalan bersama ribuan warga Sragen, Jumat (10/9). Sholat Idul Fitri dilaksanakan di jalan raya. Tepatnya, di jalan Sukowati, depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen hingga depan Rumah Dinas Bupati Sragen.

Sholat dimulai sekitar pukul 06.00 WIB. Untung ada di deretan paling depan bersama pejabat Pemkab Sragen dan membaur dengan masyarakat lain. Untung nampak tertunduk saat khatib Sholat Idul Fitri, Kepala Departemen Agama Kabupaten Sragen, M Saidun MAg memberikan khotbah.

Dia mengatakan lebaran ini adalah momen yang paling baik untuk saling memaafkan dan kembali fitri. Maka, dia mengajak orang-orang untuk kembali berbuat baik untuk sesama maupun untuk kemakmuran Sragen.

Seusai sholat, beberapa warga masyarakat menghampiri Untung untuk berjabat tangan sembari memberikan ucapan. Sekitar pukul 08.00 WIB, acara rutin <I>Open House<I> dibuka di rumah dinas Bupati. Sejumlah pejabat dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa tampak hadir. Tak terkecuali masyarakat sekitar, seperti beberapa orang yang mengenakan pakaian jawa lengkap dari Paguyuban Kawulo Keraton Kasunanan Hadiningrat (Pakasa), beberapa orang asing, guru Bupati hingga tukang becak. Satu demi satu mereka bersalam-salaman dengan Bupati, Sekretaris Daerah, Kapolres Sragen dan lainnya yang berjajar di tengah pendapa Rumah Dinas.

“Lebaran tahun ini tak ada agenda khusus. Hari pertama ke Semarang. Hari berikutnya hingga ketiga mengelar silaturahmi dengan warga setempat. Begitu-begitu saja. Masih sama dengan kebiasaan rutin lainnya. Hanya, kali ini memang momentum yang sangat indah dan membahagiakan. Karena hari raya jatuh di hari yang sama. Tidak berbeda-beda seperti tahun sebelum,” ujarnya saat ditemui Espos di sela-sela Open House di Pendapa Rumah Dinas, Jumat (10/9).

Namun, lebaran kali itu terasa kurang lengkap. Karena sosok Wakil Bupati Sragen, Agus Fatchurrahman nampak tak ada di deretan terdepan saat Sholat Idul Fitri bersama Bupati. Demikian halnya, saat Open House yang digelar di Rumah Dinas Bupati. Agus beserta isteri tak berdiri di samping Untung. Padahal, saat ditanya apa harapan Untung untuk masyarakat, dia menuturkan Sragen harus lebih bersatu.

m88

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…